Manfaatkan Potensi KKR

Foto Denny Hamdani
Pontianak Post
SUNGAI RAYA—Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menerima sebelas pelajar berprestasi yang diberi kesempatan berwisata kewirausahaan ke Pusat Pelatihan Kewirausahaan Pasuruan di Jawa Timur. Rombongan pelajar kembali dengan membawa ilmu yang dipelajari di pusat pelatihan dan berjanji akan diterapkan ke Kubu Raya

. “Pelajaran yang dapat diterapkan di Kubu Raya salah satunya pembuatan serabut kepala menjadi pot. Itu sangat unik dan jarang ada. Apalagi Kubu Raya memiliki banyak potensi kelapa,” kata seorang pelajar berprestasi asal SMA TAruna Bumi Khatulistiwa, Romanus Angga Pradipta, Rabu (20/6) di ruang Bupati.

Kata dia banyak pelajaran didapat dengan mendatangi pusat kewirausahaan Pasuruan, Jawa Timur. “Salah satunya banyak barang-barang yang tidak digunakan masyarakat dapat didaur ulang dan dimanfaatkan kembali dan bernilai jual tinggi. Misalnya pembudidaya jamur tiram yang omsetnya sangat besar. Bahkan perbulannya mencapai 350 juta,” ucapnya. “Dan sang pengusaha juga sudah dilirik pembeli asal Korea,” timpal dia.


Pelajar berprestasi lainnya Emi Lestari menambahkan banyak hal baru yang ditemukan saat mengikuti pelatihan. ”Kami belajar pertanian, kewirausahaan dan perekonomian. Dan kita akan memanfaatkan potensi ilmu tersebut untuk di Kubu Raya,” kata pelajar lulusan Madrasah Aliyah Al-Aziz di Kecamatan Sungai Ambawang ini.

Kata Emi pelajar harus berupaya menerapkan pembelajaran yang didapat di Jawa Timur. ”Kami berencana menerapkannya di Kubu Raya. Sebab, kami juga ingin warga di di Kubu Raya memanfaatkan berbagai potensi melimpah di Kubu Raya,” ungkap dia.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengungkapkan pembelajaran dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para pelajar berprestasi.  “Pemberian pelatihan kewirausahaan ini perlu di permanenkan agar para pelajar sejak dini dapat mengetahui cara berwirausaha. Ini juga menjadi salah satu cara pembentukan karakter bangsa, tentu nantinya ini dapat memberikan manfaat kepada mereka,” katanya.

Muda menuturkan itu juga dapat menjadi bekal para pelajar untuk dapat berfikir wirausaha juga untuk membangun karakter bangsa, para pelajar juga diharapkan dapat selalu berfikir optimis dan sekaligus menjadi contoh yang baik bagi pelajar lainnya.“Ini akan menjadi contoh bagi pelajar lainnya untuk termotivasi dan berprestasi lebih baik lagi, tahun depan akan kita programkan lagi dan kemungkinan jumlahnya lebih besar lagi. Diharapkan mereka dapat mengembangkan diri dan cara berfikir untuk mengembangkan pola berfikir berwirausaha,” tuturnya.

Muda mengharapkan para pelajar dapat berfikir tidak hanya belajar untuk menjadi pegawai namun untuk berfikir menjadi wirausaha, karena dengan demikian para pelajar bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyakat. “Tentu manfaat kedepannya yang kita inginkan dari para pelajar ini dengan bisa membuka lapangan pekerjaan mereka sendiri. Sehingga para pelajar ini tidak hanya berharap menjadi pegawai saja,” ujarnya.(den)

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri