Inginkan ASN Kuasai Teknologi - Berita Kubu Raya - Kalimantan Barat

Breaking

Unordered List

Tuesday, December 11, 2018

Inginkan ASN Kuasai Teknologi

HUT KORPRI: Para ASN di Lingkungan Pemerintah Kubu Raya tampak tertib mengikuti apel dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-47 Korpri di halaman Kantor Bupati Kubu Raya. foto Humas Pemkab Kubu Raya caption
HUT KORPRI: Para ASN di Lingkungan Pemerintah Kubu Raya tampak tertib mengikuti apel dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-47 Korpri di halaman Kantor Bupati Kubu Raya. foto Humas Pemkab Kubu Raya 


Sungai Raya 
Mengimbangi perubahan zaman dan teknologi yang kian pesat, membuat Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menginginkan setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di kabupaten ini harus terus meningkatkan kapasitas diri sehingga lebih mudah beradaptasi dan menguasai kemajuan teknologi. 

“Perkembangan teknologi informasi saat ini selain memudahkan cara kerja birokrasi, juga memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik dari Aparatur Sipil Negara,” kata Rusman Ali saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia, Kamis (29/11) di halaman Kantor Bupati Kubu Raya. 

Rusman Ali melihat, revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. “Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban Aparatur Sipil Negara jika tidak diikuti dengan perubahan kerja,” jelasnya. 

Karenanya, Rusman menegaskan setiap ASN mau tidak mau harus melayani masyarakat dengan serius dan lebih profesional ke depan. Pelayanan yang maksimal lanjut dia hanya bisa dilakukan jika ada peningkatan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan serta akuntabilitas.

Ia menegaskan Aparatur Sipil Negara harus membuka wawasan dan terus melakukan inovasi. “Sederhanakan proses kerja, manfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, dan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya. 

Rusman Ali juga mengingatkan jajaran ASN di lingkungan Pemerintah Kubu Raya untuk tidak terjebak ego-sektoral, ego-organisasi, dan ego-program masing-masing. Menurutnya, semua permasalahan yang ada di masyarakat bersifat lintas sektoral bahkan lintas daerah.

“Dengan berkolaborasi dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin ASN bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Kepada ASN Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Rusman Ali secara khusus meminta untuk terus meningkatkan kualitas diri dan kinerja. Ia menekankan ASN Kubu Raya harus terus berinovasi. 

“Saya selaku bupati meminta seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk masing-masing kita dari kepala dinas hingga staf ayo berinovasi. Dengan inovasi insya Allah kita akan menemukan ide-ide baru sehingga pembangunan di Kabupaten Kubu Raya dapat terus berjalan dengan lebih baik ke depan,” pungkasnya. 

Sementara itu, Penjabat Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo mengapresiasi kehadiran Korpri sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Sejak pertama kali berdiri, Korpri sebagai satu-satunya wadah bagi Pegawai Republik Indonesia selalu berupaya terus menerus dalam meneguhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas dan hanya berkomitmen tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara. 

Seiring dengan berlakunya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, kata dia, maka Korpri juga harus siap bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintahan yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi, mewujudkan jiwa Korps sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum, serta mengemban kesejahteraan anggota. 

Sebagaimana tema HUT Korpri tahun 2018 ini, “Melayani, Bekerja dan Menyatukan Bangsa. Korpri diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terus bekerja dan berinovasi dengan ide dan gagasan solutif serta menjadi wadah pemersatu bangsa.

“Kami berterimakasih atas dedikasi dan pengabdian dari segenap pegawai di Kubu Raya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian semuanya kepada bangsa dan negara. Melalui, peringatan HUT Korpri ini, saya berharap agar kita semua senantiasa meningkatkan kedisplinan diri kita dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab kita sebagai abdi negara, bangsa dan masyarakat,” paparnya. 

Menurutnya saat membahas tentang pemberantasan praktik korupsi dan pungli, peningkatan kualitas pelayanan publik dan memenangkan kompetisi global dengan pelayanan publik yang prima, maka kata dia, sesungguhnya anggota Korpri berada di garis terdepan. 

Agar Kubu Raya bisa menjadi bangsa pemenang dalam era kompetisi global maka rakyat membutuhkan anggota Korpri yang disiplin, anggota Korpri yang bertanggungjawab, anggota Korpri yang berorientasi kerja. Segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti egosektoral, mental priyayi, mental penguasa, mental koruptif, yang hanya terpaku pada formalitas belaka.   (Sumber Ash / Harian Pontianak Post)


No comments:

Post a Comment