Jadikan Popda Ajang Penjaringan Atlet

SUNGAI RAYA – Kontingen Kabupaten Kubu Raya berhasil mempertahankan gelar juara kedua dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2013 di Kota Pontianak, 23 – 24 Mei lalu. Tahun lalu, di ajang yang sama, kontingen kabupaten ini juga meraih hasil serupa.

Berdasarkan raihan medali, mereka berhasil mendulang  lima mendali emas dari cabang olahraga renang, sembilan perak dari masing-masing cabang olahraga seperti renang, tinju, atletik, taekwondo, serta enam mendali perunggu dari  cabang renang , atletik, taekwondo, dan tinju.

Kepala Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Kubu, Saini Umar, mengatakan bahwa utusan kabupaten ini hanya mengikuti lima cabang olahraga pada Popda kali ini. Lima cabang olahraga dimaksud yakni tinju, atletik, taekwondo, renang, dan bolavoli pasir. Meski begitu, dengan pencapaian prestasi tersebut, diakui dia, dapat menunjukkan bahwa pembinaan yang dilakukan selama ini sudah sangat baik. Dia berharap agar prestasi yang telah diraih tersebut, dapat terus dikembangkan.

Karena, dia mengingatkan bahwa pada tahun mendatang, atlet-atlet Kubu Raya juga akan kembali menghadapi Popda. “Tentu kita semua berharap, pada Popda yang mendatang mampu meningkatkan prestasinya, yakni merebut juara umum,” katanya, Senin (3/6) ditemui di Dinas Budparpora.

Dia menuturkan prestasi yang diraih kontingen atlet Kubu Raya pada pelaksanaan Popda lalu, merupakan ajang untuk mengevaluasi pembinaan dan pembibitan yang telah dilakukan daerah ini. Dengan demikian, diharapkan dia, dapat diketahui sejauh mana tingkat kesuksesan dan keberhasilan dari pembinaan yang telah dilakukan selama ini.

Selain itu, lanjut dia, keikutsertaan kontingan atlet Kubu Raya pada Popda lalu, juga dapat dijadikan kesempatan untuk melakukan penjaringan atlet muda yang memiliki potensi di setiap cabang olahraga yang diperlombakan. Dia berharap, pada pelaksanaan perlombaan di tingkat nasional, mampu menjadi penyumbang kekuatan tim Indonesia di ajang internasional.

Dia pun mengajak seluruh elemen masyarakat,  terutama Pemerintah Kabupaten, untuk bersama-sama menyatukan tekad melakukan pembinaan kepada para atlet muda, dalam meraih prestasi. Sehingga, harapan dia, para atlet yang selama ini dibina, mampu mengharumkan Kubu Raya dengan prestasi-prestasi yang diraihnya. “Untuk meningkatkan prestasi, Pemerintah Kabupaten sedang merencakan pembangunan sarana dan prasarana olahraga,” janjinya.

Diakuinya, selama ini untuk melakukan pembinaan olahraga yang maksimal, pihaknya masih mengalami kesulitan. Hal itu, menurut dia, disebabkan karena selama ini fasilitas pendukung Kubu Raya masih harus menumpang dengan Pemerintah Kota Pontianak. (adg)

Sumber :  Harian Pontianak Post Tanggal 4 Juni 2013 Halaman 18

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri