Dewan Kesenian Kecamatan Dilantik

PAGELARAN seni budaya melayu daerah 2013 Kabupaten Kubu Raya ditutup secara meriah. Puluhan sanggar yang ada menyajikan kebolehannya kemarin. Dilanjutkan dengan dilantiknya pengurus Dewan Kesenian setiap Kecamatan di Kubu Raya oleh Bupati Muda Mahendrawan, Kamis malam (7/3).

Muda mengatakan industri seni dan budaya Kubu Raya perlu dikembangkan lewat berbagai kegiatan yang melibatkan sanggar seni sehingga menghasilkan seniman-seniman berkualitas untuk tampil di luar daerah maupun internasional.

Menurutnya, banyak potensi kesenian dan budaya lokal yang dapat dikembangkan menjadi aset daerah maupun nasional melalui peran aktif sanggar seni. “Saya minta kepada dewan pendidikan yang sudah dilantik untuk lebih berperan aktif dalam melakukan berbagai kegiatan pentas seni, baik seni tari, seni rupa maupun seni tarik suara dengan melibatkan seluruh sanggar seni yang ada di daerah ini,” katanya dalam sambutan pelantikkan Dewan Kesenian, pada Kamis malam (7/3).


LANTIK: Bupati Muda Mahendrawan melantik pengurus Dewan Kesenian Kecamatan. Sebelum pelantikan didahului acara penutupan pagelaran seni budaya melayu daerah 2013 Kabupaten Kubu Raya. Foto Adong Eko/Pontianak Post


Pengembangan seni budaya daerah, lanjut dia pada dasarnya  juga dapat dijadikan salah satu daya tarik dalam bidang pariwisata. Dengan menghadirkan atraksi-atraksi budaya bagi setiap wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Kabupaten Kubu Raya.

Muda menuturkan, seni budaya yang ada di Kabupaten  Kubu Raya sebenarnya sudah cukup dikenal di tingkat nasional maupun internasional. “Kita berharap lewat berbagai kegiatan seni dan budaya seperti ini, bisa dicari seniman dan budayawan muda berbakat sekaligus menghidupkan seluruh sanggar-sanggar seni yang ada di daerah ini,”harapnya.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Disbudparpora Kabupaten Kubu Raya, Busri Ismail mengatakan pelantikkan dewan kesenian di setiap kecamatan diharapkan mampu mengembangkan kesenian yang ada di wilayahnya masing-masing. karena keberadaan dewan kesenian dapat berbuat lebih banyak dalam mengakomodir keinginan masyarakatnya untuk mengadakan pagelaran seni dan budaya.

Dewan seni kecamatan yang telah dilantik, lanjut dia mempunyai kewajiban untuk menggali dan mengembangkan potensi budaya dan seni di wilayahnya. Sehingga budaya yang sebelumnya ada dapat diperkuat kembali oleh mereka.”Kita harapkan hasil dari pengembangan ini dapat menjadi industri,” ucapnya.

Dia berjanji dengan dibentuknya dewan kesenian , dari pemerintah akan berupaya untuk melaksanakan pagelaran seni dan budaya setiap tahun. sehingga akan  menjadi motivasi bagi seniman dan budayawan untuk menunjukkan pagelaran seni dan budaya yang ada di setiap wilayahnya. (adg)

Sumber : Pontianak Post

1 comment:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri