Bupati Rusman Ali Tinjau Lomba Desa di Sungai Kupah - Berita Kubu Raya - Kalimantan Barat

Breaking

Unordered List

Tuesday, March 13, 2018

Bupati Rusman Ali Tinjau Lomba Desa di Sungai Kupah

Sungai Raya - Bupati Rusman Ali yang di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Pot. Sekda Oedang Prasetyo  dan Camat Tugiono serta sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) meninjau langsung proses penilaian lomba desa dan pameran hasil kerajinan maupun kuliner warga.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan, dalam lomba desa ini yang paling penting, bagaimana masyarakat tetap membangun gotong royong. Sebagai Tim penilai, Pemerintah Daerah tidak hanya melakukan penilaian semata-mata, melainkan adanya nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong yang terbangun di masing-masing desa.

“Selain itu saling mendukung dan saling mendorong untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat di masyarakat,” ungkap Rusman Ali.

Rusman Ali menambahkan, digelarnya lomba Desa di Sungai Kupah ini, dikarenakan desa tersebut merupakan wakil dari Sungai Kakap dalam ajang lomba Desa Tahun 2018 tingkat Kabupaten Kubu Raya.

“Sesuai amanat Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, maka Desa Sungai Kupah dipilih menjadi wakil Kecamatan Sungai Kakap dalam lomba Desa Tingkat Kabupaten Kubu Raya”, paparnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya Endang Indrawati, menghimbau agar setiap desa lebih memprioritaskan kegiatan-kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan Dana Desa.

“Dengan adanya Lomba Desa diharapkan, desa menjadi lebih berkembang dan lebih maju dalam pembangunan di semua sektor. Dengan tetap bersinergi dengan program-program pokok PKK”, jelasnya.

Endang menjelaskan, saat ini berbagai program PKK sudah dijalankan dengan baik oleh masing-masing desa dan sudah memiliki jaringan hingga ke tingkat RT dan Dusun di bawah binaan langsung PKK Desa bersama PKK Kecamatan dan Kabupaten.

“Kita harapkan dengan semakin besarnya program-program pembangunan ke Desa dapat juga sejalan dengan program-program pokok PKK yang mana tujuan semua program pada akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa,” ujar Endang.

Endang mengatakan dalam lomba Desa juga akan dievaluasi program-program PKK yang ada di masyarakat. Mulai dari 10 program Pokok PKK hinga dasa wisma-dasa wisma yang ada di tingkat RT dan Dusun.

(Sumber www.kuburayakab.go.id)

Dijelaskan Endang lewat gerakan PKK kegiatan dan partisipasi aktif masyarakat juga terbangun dengan baik. Dengan melakukan pembinaan-pembinaan terhadap kelompok-kelompok masyarakat baik ibu-ibu maupun para remaja untuk berperan aktif dalam pembangunan.

“Kita di PKK juga ada program-program penunjang bagi peningkatan produktifitas dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui pembinaan terhadap kerajinan dan produk-produk olahan baik makanan maupun aksesoris yang diproduksi oleh kelompok ibu-ibu yang dibina dan didampingi langsung oleh kader-kader PKK,” paparnya.(Sumber www.kuburayakab.go.id)


No comments:

Post a Comment