Jadikan Kantor Desa Seperti Rumah Sendiri

SUNGAI RAYA-Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan didampingi Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Sujiwo meresmikan Kantor Desa Sungai Raya Dalam yang baru di Komplek Taman Sungai Raya Kecamatan Sungai Raya, Minggu (17/2). 

Muda mengatakan sejauh ini memang untuk pembangunan desa ini belum semuanya terakomodir, dan memang pembangunan kantor desa harus dilakukan secara bertahap. Seperti desa-desa baru tentunya harus bersabar karena pemerintah  juga sedang berupaya membantu percepatan pembangunan kantor desa.

Menurut Muda kantor desa bukanlah hanya sekedar kantor, namun yang paling terpenting setelah berdirinya kantor ini adalah terbangunnya inisiatif-inisiatif bagaimana kantor desa menjadi pusat informasi dan pusat pelayanan bagi masyarakat. “Bahkan kantor desa harus jadi pusat kegiatan masyarakat, seperti kegiatan PKK, Dasawisma, majelis taklim dan lainnya ” katanya. 



RESMIKAN : Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan didampingi Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Sujiwo meresmikan Kantor Kepala Desa Sungai Raya Dalam yang baru, kemarin.
ADONG EKO/PONTIANAK POST

Muda pun berharap dengan adanya kantor desa baru masyarakat tak lagi bingung dan malu untuk bertanya dengan hal-hal yang berkaitan dengan aspirasi mereka. Dan yang harus dipahami masyarakat kantor desa harus dijadikan seperti rumah sendiri dalam mengungkapkan aspirasi mereka yang belum terwujud sehingga bisa ditampung dan dilanjutkan tingkat kabupaten.

Sementara Ketua DPRD Kubu Raya, Sujiwo mengatakan saat ini perkembangan pembangunan kantor desa sudah mulai tampak. Dimana masyarakat bergotong-royong mendirikan bangunan yang sangat representatif. Dan apa yang dilakukan masyarakat Sungai Raya Dalam adalah bentuk kesiapan untuk untuk memekarkan diri. “Pemkab juga membantu pembangunan kantor desa, meski anggarannya tidak terlalu besar,” tuturnya.

Sejauh ini menurut Sujiwo, pihaknya selalu mendorong bagaimana pembangunan kantor desa di Kubu Raya bisa terbangun melalui dana hibah dan bansos, terutama kantor desa yang berada di pelosok-pelosok. Karena memang harus diakui masih ada kantor-kantor desa di pelosok-pelosok yang bangunannya kurang layak digunakan. “Kantor desa yang masih belum layak tidak lebih dari 25 persen dan biasanya dana hibah yang diberikan sebesar Rp50 juta,”katanya.

Sementara itu Kades Sui Raya Dalam, Khairil Anwar mengatakan pembangunan kantor desa merupakan dana swadaya masyarakat. Dimana pihaknya mencoba bergotong royong mengumpulkan dana secara swadaya. “Alhamdulillah sumbangan yang terkumpul bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” ujarnya.

Khairil menjelaskan berkat bantuan dan swadaya itu, dalam kurun waktu kurang dari setahun Kantor Kepala Desa Serdam akhirnya terbangun. Pola gotong royong yang ditanamkan kepada masyarakat sangat membantu. “Kantor ini untuk kepentingan pelayanan masyarakat,” tuturnya. (adg)

Sumber : Harian Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri