Jelang Pemilukada. Siap Amankan Provokator

AKP Sugiyono
SUNGAI RAYA-Enam bulan menjelang Pemilukada Kabupaten Kubu Raya dinamika perpolitikan pun mulai memanas. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolsek Sungai Raya, AKP Sugiyono pun mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi  isu-isu yang menyesatkan. 

Sugiyono mengatakan, untuk menjaga keamanaan dan ketertiban menjelang Pemilukada Kabupaten Kubu Raya pihaknya akan selalu siap siap mewaspadai potensi gangguan keamanan. Dan akan mendeteksi upaya provokasi dan menindak tegas pelaku yang ingin mengacaukan pelaksanaan pemilu. “Yang mau memprovokasi akan kami amankan,” tegasnya, Minggu (17/2).


Sugiyono menjelaskan  dalam proses pengamanan Pemilukada tentunya kepolisian memiliki tahapan pengamanan masa, diantaranya dengan melakukan tindakan pencegahan, mengumpulkan informasi intelijen, dan mendeteksi perusuh. “Yang jelas, polisi sudah punya prosedur tetap untuk menindak para perusuh yang kerap berkerumun di antara massa,” katannya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat Pilkada Kubu Raya berlangsung, lanjut Sugiyono pihaknya saat ini telah melakukan pemetaan kawasan di 17 titik di Sungai Raya.  Dari 17 titik tersebut ada beberapa titik dianggap rawan terjadi aksi kriminalitas salah satunya di Kecamatan Sungai Raya.

Ke depan, Sugiyono menambahkan pihaknya akan melakukan kordinasi dengan lintas sektoral terkait untuk pengamanan  Pilkada Kubu Raya mendatang. Yang mana setelah itu akan dilakukan sosialisasi terhadap seluruh lapisan masyarakat Kubu raya agar tidak terprovokasi terhadap isu-isu menyesatkan. “Saya akan menempatkan beberapa anggota serse untuk pemantauan tindakan-tindakan kriminalitas. Sehingga sedini mungkin dapat dicegah,” ujarnya.

Selain mengimbau masyarakat agar tidak mudah terprovokasi, Sugiyono pun mengimbau anggota kepolisian tidak mudah terprovokasi oleh orang-orang yang tidak jelas identitasnya. Dan tentunya peran tokoh-tokoh masyarakat sangat dibutuhkan sebagai tokoh yang mempersatukan masyarakat.

Sugiyono pun meminta agar masyarakat dapat memberikan informasi terkait aksi kriminalitas yang akan terjadi jelang Pilkada. Karena sekecil apapun informasi yang diberikan oleh masyarakat sangat berguna bagi pihak kepolisian untuk pencegahan tindakan kriminalitas. “Peran masyarakat sangat penting untuk membangun Pilkada yang kondusif.dan itu akan membantu tugas kami,” terangnya. (adg)

Sumber : Harian Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri