Kubu Raya Persiapkan Perhelatan MTQ III

SUNGAI RAYA – Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kubu Raya menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah kecamatan se-Kabupaten Kubu Raya, guna membahas pelaksanaan MTQ III, yang akan dilaksanakan tahun ini di Kecamatan Sungai Ambawang. Rapat Koordinasi LPTQ Kabupaten Kubu Raya tersebut langsung dibuka Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

Ketua LPTQ Kabupaten Kubu Raya, Alwin Achmad, mengatakan rapat koordinasi yang digelar tersebut pada dasarnya adalah untuk membahas persiapan penyelenggaraan MTQ III di Kabupaten Kubu Raya. “Untuk kapan pelaksanaanya, sekarang masih dalam pembahasan,” katanya, Senin (7/1) di Sungai Raya.

Alwin menjelaskan bahwa dasar pelaksanaan MTQ III di Kecamatan Sungai Ambawang, adalah berdasarkan pada Keputusan Bupati Kubu Raya Nomor 194/Setda/2012 tentang Penetapan Kecamatan Sungai Ambawang sebagai tempat penyelenggaraan MTQ, serta Keputusan Bupati Kubu Raya Nomor 335/Setda/ 2012  tentang Panitia Penyelenggara MTQ III se-Kabupaten Kubu Raya.

Adapun persiapan yang telah dilakukan, dijelaskan Alwin, pihaknya sudah melakukan konsolidasi, dalam rangka soliditas panitia dan merumuskan hal-hal menyangkut persiapan. Mereka juga telah membersihkan lokasi mimbar utama, serta melakukan upaya-upaya menghimpun dana dari berbagai sumber yang sah dan tak mengikat. “Masih banyak yang harus kita bahas mengenai persiapan pelaksanaan, seperti penempatan kafilah dan dewan hakim. Semuanya harus dibahas guna pelaksanaan MTQ yang baik,” ujarnya. 

Selain membahas persiapan pelaksanaan MTQ III tersebut, Alwin, menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ juga sebagai ajang perisiapan untuk perlombaan MTQ di Kabupaten Kapuas Hulu, yang akan dilaksanakan pada Maret mendatang. “Kita berharap dari kegiataan ini dapat menyaring kafilah terbaik, yang tentunya akan diikutsertakan pada perlombaan MTQ yang lebih tinggi,” terangnya.

Alwin mengungkapkan bahwa pelaksanaan MTQ tersebut bertujuan untuk menghasilkan qari/qariah terbaik, untuk menjadi duta Kubu Raya pada MTQ Tingkat Provinsi di Kabupaten Bengkayang tahun 2014 mendatang. Di samping itu tentu saja menciptakan nuansa religius dan menggaungkan syiar Islam pada masyarakat Kabupaten Kubu Raya, khususnya Kecamatan Sungai Ambawang, dan membumikan nilai-nilai Al-Qur’an pada masyarakat dan membentuk generasi Kabupaten Kubu Raya yang qurani. (adg)

Sumber : Pontianak Post


No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri