Perluas Kader Posyandu

Rosalina Muda Mahendrawan
BUPATI Kubu Raya Muda Mahendrawan meminta penyebaran dan perluasan kader posyandu harus dilakukan demi menekan angka kematian ibu, bayi dan balita termasuk meningkatkan gizi balita dan kesadaran ber-KB.

Itu dikatakannya disela-sela pencanangan hari kesehatan gerak PKK KB Kesehatan KKR, PKK KKR dan BKKBN yang dipusatkan di di Puskesmas Sungai Durian Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Dalam kegiatan tersebut selain memberikan pelayanan kesehatan gratis juga digelar sunatan missal dan pencanangan Gerak PKK.

Menurut Bupati Muda kegiatan ini dilihat untuk memperkuat gerakan supaya lebih membumi khususnya para kader posyandu supaya menyatu dengan masyarakat secara langsung. “Target kita jelas dan terarah. Kita harus mampu dan menjangkau pelayanan kesehatan dan KB di daerah terpencil. Bagi yang belum melaksanakan harus padu dan gencar dalam melakukan sosialisasi,” ungkap dia.


Dia mengatakan jika posyandu menyebar luas, maka dapat tumbuh dengan baik. Akhirnya dengan sendiri menjadi magnet yang dapat menarik minat para ibu dan anak. “Kedepannya warga tidak perlu disuruh lagi. Sebab, mereka sadar dengan posyandu sangat penting bagi kesehatan ibu dan anak. Gerakan ini harus lebih cepat, luas dan sesuai dengan tema langkah nyata. Ini juga supaya membuat keluarga menjadi lebih berkualitas,” tuturnya.

Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan memaparkan masing-masing dari program yang dilaksanakan punya target dalam mencapai hasil maksimal. “Gebrakan PKK ada sasarannya, KB dan kesehatan juga terarah dengan program lain. Salin terintregasilah. Untuk PKK, kita punya target tersendiri. Misalnya membentuk dasa hikma, merevitalisasi posyandu dan gencar dalam melakukan penyuluhan. Itu sasaran kedepan,” kata dia.

Rosalina menambahkan pencanangan KB-Kes sekaligus terus mengingatkan ke warga untuk sadar dan pentingnya arti kesehatan. Sebab, proses kesehatan harus terus berlangsung hingga kedepan dan harus disukseskan masyarakat.

“Kami sebagai petugas dan kader PKK mengajak masyarakat bekerja bersama-sama supaya kesehatan menjadi lebih berkualitas. Sebab, kalau kesehatan ibu, anak dan balita baik, maka masyarakat yang akan merasakan dampaknya,” katanya. ”Masyarakat tidak perlu ragu dan bimbang datang ke posyandu atau memeriksakan kesehatan,” timpal dia.(den)

Sumber : Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri