Optimalkan Pemberdayaan Masyarakat Desa - Berita Kubu Raya - Kalimantan Barat

Breaking

Unordered List

Sunday, March 11, 2018

Optimalkan Pemberdayaan Masyarakat Desa

SUNGAI RAYA –Penyelenggaraan lomba desa yang digelar disetiap desa Kubu Raya diharapkan Bupati Kubu Raya, Rusman Ali bisa memotivasi setiap desa untuk mengoptimalkan pemberdayaan potensi alam dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di setiap desa.


ANTUSIAS: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali tampak antusias menyaksikan penampilan anak-anak PAUD saat menghadiri penilaian Lomba Desa di Kantor Desa Sungai Raya Dalam. Ashri isnaini/pontianak post
ANTUSIAS: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali tampak antusias menyaksikan penampilan anak-anak PAUD saat menghadiri penilaian Lomba Desa di Kantor Desa Sungai Raya Dalam. Foto Ashri Isnaini / Pontianak Post


“Bagi saya tidak hanya sekedar dinilai kecamatan atau desa mana yang terbaik dalam lomba desa ini, namun lomba desa ini bisa menjadi wadah sekaligus tolok ukur pemerintah disetiap desa untuk terus menggencarkan pembangunan desa melalui beragam inovasi dan peningkatan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa,” papar Rusman Ali usai menghadiri penilaian lomba desa di Kantor Desa Sungai Raya Dalam, Jumat, (9/3).

Kompetisi dalam lomba desa tersebut lanjutnya juga dalam rangka menguji kemampuan setiap kepala desa dalam memimpin dan membangun desa yang dipimpinnya. Misalnya saja, penilaian yang diberikan seperti optimalnya pelayanan kemasyarakatan, inovasi  yang dilakukan pemerintahan desa dan upaya memaksimalkan keterlibatan masyarakat turut serta dalam membangun dan memajukan desanya.

“Karenanya saya minta  setiap kepala desa yang berhasil bisa mengajarkan, menjadi teladan dan bisa memberikan arahan bagi kades lainnya untuk bekerjasama agar lebih optimal dalam membangun desa dari berbagai bidang,” paparnya. 

Secara umum,Rusman Ali melihat hingga saat ini di Kubu Raya terdapat tiga ‘penyakit’ yang harus diberantas, seperti kurang rapi, kurang disiplin dan kurang teliti. “Manurut saya, jika tiga jenis penyakit ini kita diberantas sama-sama, Insya Allah semua perencanaan pembangunan bisa dan pekerjaan lain yang telah direncanakan bisa berjalan maksimal,” jelasnya.

Kepala Desa Sungai Raya Dalam, Khairil Anwar mengaku sangat mengapresiasi desanya turut menjadi bagian dalam penilaian lomba desa di Kubu Raya. Salah satu hal utama yang dilakukan untuk mengoptimalkan pembangunan di desa yakni dengan meningkatkan perekonomiam masyarakat.

“Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakuakn untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya dengan memberikan dukungan penuh bagi masyarakat yang berupaya mengelola dan memberdayakan potensi desa,”ucapnya.

Saat ini lanjutnya cukup banyak masyarakt Desa Sungai Raya Dalam yang berusaha meningkatkan pendapatan dengan mengolah potensi alam yang ada di sekitar desa dengan menjalankan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “Berkembangnya sektor UMKM ini juga memberikan konstribusi besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, pasalnya setiap satu UMKM bisa mempekerjakan satu hingga dua warga, dengan begitu juga membantu dalam menyerap tenaga kerja di desa,” paparnya. 

Ke depan lanjutnya, pihak pemerintah desa juga telah mengalokasi anggaran untuk membangun BUMDes di Desa Sungai Raya Dalam, selain itu optimalisasai pelayanan kesehatan dasar melalui Posyandu juga akan ditingkatkan. “Tujuannya agar setiap ibu rumah tangga lebih memahami dan sadar bahwa memberikan layanan kesehatan dasar bagi anak dengan memberikan vaksin atau imunisasi lengkap itu sangat penting. Karena hal ini erat kaitannya dengan peningkatan taraf kesehatan dan kualitas sumber daya manusia di Desa Sungai Raya Dalam ke depan,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama lanjut Khairil, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi mengenai desa dan layanan ditingkat desa, pemerintahan desa Sungai Raya Dalam juga mengalokasikan anggaran untuk menyediakan layanan berbasis online.

“Untuk pembuatan web desa ini sudah kami koordinasikan dengan Kominfo Kubu Raya dan saat ini sedang proses. Jadi nanti, semua pelayanan dan informasi yang ada di pemerintahan desa tidak  hanya bisa dilihat secara manual di  papan pengumuman kantor desa, namun semua layanan yang ada di desa bisa diakses secara online,” paparnya. (ash)


Sumber : Pontianak Post

No comments:

Post a Comment