Tetapkan Kawasan TPA Regional di Sungai Ambawang

SUNGAI RAYA-Sampah memang menjadi persoalaan yang klasik di setiap daerah, seperti di Kabupaten Kubu Raya sampah bertumpuk di sejumlah tempat pembuangan sampah hingga menimbulkan aroma tak sedap.  Untuk menyelesaikan permasalahan itu, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, dan Sanggau telah membuat perencanaan untuk menetapkan kawasan Kecamatan Sungai Ambawang sebagai tempat pembuangan akhir (TPA).

Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan Kubu Raya Rusnaldi mengatakan untuk mendukung rencana TPA di Sungai Ambawang itu, Pemkab telah menyediakan lahan seluas 25 haktare. "Rencana itu memang sudah dibahas, dan saat ini tinggal menunggu MoU yang diprakasai Pemerintah provinsi," katanya, Minggu (31/3). 

Dia menjelaskan, proyek TPA regional itu merupakan program pemerintah pusat. Yang mana tujuannya adalah untuk memberikan fasilitas kepada Pemerintah kabupaten dan kota untuk menyelesaikan persoalaan sampah yang tak kunjung selesai.


Diakuinya, memang hingga saat ini belum diketahui berapa besar anggaran yang akan dikucurkan Pemerintah pusat,  an kapan program tersebut akan dilaksanakan. Karena masih menunggu perencanaan dan Mou yang dilakukan.   secara umum, lanjut dia konsep TPA Regional menggunakan konsep berwawasan lingkungan. Dimana sampah-sampah yang akan dibuang dari empat kabupaten akan diolah menjadi barang-barang yang bermanfaat, seperti sampah plastik yang dapat dijadikan kerajinan tangan, atau sampah organik yang dapat diolah menjadi pupuk.

Pengelolaan sampah yang ada di Kabupaten Kubu Raya juga masih menerapkan konsep bakar. Sehingga tak ada satu sampah pun yang dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. "Kita tentu sangat mendukung program ini," ucapnya.  Dia menuturkan, dampak yang akan ditimbulkan dari penetapan Sungai Ambawang sebagai TPA Regional, diantaranya masyarakat yang dapat memanfaatkan sampah yang diolah untuk menghasilkan kerajinan bernilai ekonomis. (adg)

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri