Muda: SPD Harus Berikan Solusi

SUNGAI RAYA-Keberadaan Sarjana Pendamping Desa (SPD) di Kabupaten Kubu Raya diharapkan dapat memberikan solusi dari berbagai masalah yang dihadapi masyarakat.  Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan SPD sebagai ujung tombak pemerintah dan lebih dekat dengan masyarakat, diharapkan dapat lebih peka dan mampu memberikan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. 

Muda mengharapkan agar para SPD tersebut bisa lebih menyesuaikan dirinya dengan masyarakat pada tempat mereka ditugaskan. Itu sangat penting karena, jika para SPD bisa dekat dengan masyarakat, maka mereka akan lebih peka terhadap berbagai persoalan yang ada di tengah masyarakat di tempat mereka bertugas.

“Pemberdayaan  para sarjana yang ada di Kubu Raya bertujuan dapat memberikan kontribusi langsung secara positif kepada masyarakat, seperti membuka akses pelayanan publik yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya ketika memberikan pengarahan kepada 50 SPD angkatan 2013, Selasa (26/3).


Dia menuturkan selain mampu memberi solusi terhadap masalah, anggota SPD harus mampu menumbuhkan inisiatif dari masyarakat untuk dapat hidup lebih baik dengan memanfaatkan berbagai sumber daya alam yang ada. sebagai contoh, mulai dari gotong royong, pemberdayaan kegiatan ekonomi rumah tangga, posyandu. Jika itu dapat dijalankan, maka dirinya yakin ke depan masyarakat bisa lebih kreatif.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kubu Raya, Gandhi Setya Graha mengatakan, pada 2013 ini ada 14 orang anggota SPD baru yang menggantikan anggota SPD yang lama. Hingga saat ini jumlah semuanya sudah  50 orang.

Dia menjelaskan pergantian ke 14 anggota SPD itu sudah sesuai dengan ketentuan, dimana masa kontrak yang diberikan sudah selesai dan tidak bisa lagi diperpanjang dengan berbagai pertimbangan. “Meski 14 orang itu baru, kita harapkan mereka dapat segera menyesuaikan diri untuk segera menjalankan tugasnya di masyarakat,” imbaunya.

Secara teknis, Gandhi menjelaskan dari hasil seleksi yang dilakukan pihaknya, seleksi diikuti 50 orang calon SPD. Dari tes yang telah diikuti terjaringlah 14 anggota baru. Anggota yang dinyatakan lulus, nantinya akan ditempatkan di beberapa desa  dengan tugas memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan mendampingi pemerintah desa. (adg)

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri