Cocok Transmigrasi Kawasan Organik

PONTIANAK—Ketua DPW PKB Kalimantan Barat, Mulyadi Tawik berharap pencanangan pembangunan kawasan-kawasan transmigrasi mendukung pengembangan konsep pertanian organik dan ramah lingkungan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi harus didukung. Kalau bisa pilot project tersebut terjadi di Kalbar.

”Konsep pilot projet tersebut adalah pemukiman transmigrasi di Tinauka SP 1 Kab. Donggala Prov. Sulawesi Tengah. Lahan – lahan pemukiman transmigrasi ditata dengan prinsip lingkungan yang bersih, sehat dan alami,” katanya.

Menurut dia langkah Kementeriaan Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang berusaha menerapkan konsep-konsep pertanian organik di kawasan transmigrasi harus didukung. Apalagi pengembangan sistem budidaya pertanian mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis. ”Ini juga bisa diterapkan di Kalbar,” ucapnya.

Seperti dalam situs Kementeriaan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin menuturkan kawasan-kawasan transmigrasi diarahkan menjadi lokasi-lokasi khusus sebagai zona budidaya tanaman organik yang bebas dari cengkraman bahan kimia.

”Nantinya kita mengintensifkan budidaya pertanian organic dan ramah lingkungan yang dilengkapi dengan pendirikan industri pembuatan pupuk organic. Kita sangat concern dengan keseimbangan antara ekossitem alam dan kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Muhaimin optimis hasil-hasil dari pertanian organik yang dikembangkan para transmigran dapat meningkatkan kesejahteraan para transmigran dan masyarakat sekitar. Sistem pertanian organik dirancang menghasilkan produk-produk pertanian, baik berupa pangan, hortikultura, perikanan, maupun peternakan.

Pengembangan pertanian organik diyakini dapat menyelamatkan sumber-sumber daya alam, dan mencegah terjadinya pelanggaran dan pengrusakan alam seperti ilegal logging, ilegal fishing dan sebagainya.“Kita harapkan BUMN dan BUMS sebagai pemilik dana program CSR dapat memberikan kontribusinya bagi upaya penataan lingkungan transmigrasi yang lebih asri dan lestari,” ujarnya. (den)

Sumber : Harian Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri