Pengelolaan Subdomain

DINAS Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kubu Raya memberikan dorongan seluruh SKPD lebih memanfaatkan pengelolaan fasilitas di dunia maya kearah positf. Caranya dengan menggelar pelatihan pengelolaan subdomain http://kuburayakab.go.id bagi seluruh tenaga administrasi SKPD dan Kecamatan se Kubu Raya, 18-19 Juli 2012 di Hotel Grand Kartika.

"Hasil dari pelatihan ini akan kita tindaklanjuti dengan mendorong seluruh SKPD dan Kecamatan untuk membuat domain sendiri agar dalam menyosialisasikan program dapat terlaksana dengan baik dan efektif," kata Yusran Anizam, Kadis Kominfo Kubu Raya, kemarin.

Menurutnya dengan berbekal keahlian dasar mengelola subdomain tersebut, secara bertahap Dinas Kominfo akan melakukan pendampingan kepada SKPD atau kecamatan membuat domain  sendiri. “Kemudian kita linkan ke domain http://kuburayakab.go.id. Dengan begitu, komposisi dari domain yang dimiliki Pemkab Kubu Raya akan semakin kompleks dengan berbagai unsur yang dipromosikan," tuturnya.


Ia optimis dengan kapasitas dan potensi yang ada, berbagai kegiatan yang sudah dilakukan maupun direncanakan dapat disosialisasikan secara efektif.  Ini sangat memiliki dampak bagi Kubu Raya, mengingat kabupaten ini punya jangkauan wilayah luas. Sedangkan fasilitas dunia maya sangat memberikan peran yang besar. “Jika kita bijak dan arif mengelola fasilitas di dunia maya, tentu banyak keuntungan yang bisa didapat," ungkapnya.

Yusran juga memberikan masukan kepada para peserta untuk tidak canggung mempromosikan berbagai kegiatan positif dan unik yang ada di masyarakat. "Banyak orang-orang yang di luar Kubu Raya yang ingin mengetahui sisi lain dari kehidupan yang berlangsung di Kubu Raya dan dengan memanfaatkan subdomain yang ada, tentu akan mempermudah bagi masing-masing SKPD untuk memberitahukan kepada khalayak ramai," jelas Plt. Kadis DPPKAD Kubu Raya ini.

Sementara itu, instruktur pelatihan subdomain Nurhadi dan Gogo mengatakan materi yang disampaikan merupakan dasar-dasar bagi admin subdomain untuk memposting materi informasi beserta gambar dan pada kolom masing-masing SKPD maupun Kecamatan yang sudah disediakan di domain http://kuburayakab.go.id.

"Ada pula materi penunjang untuk melengkapi materi utama tersebut. "Antara materi dan praktek sudah cukup berimbang. Bahkan dengan dukungan dari bandwitch yang dimiliki Diskominfo Kubu Raya, seluruh peserta langsung mempraktekkan mulai dari proses log in, upload berita hingga log out," katanya staf Humas Setda Kubu Raya ini. (den)

Sumber : Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri