Hatta Rajasa Janji Kawal Food Esate

Foto Kalbar Online
Menko Perekonomian tertarik dengan program ketahanan pangan Kubu Raya. "Saya akan kawal langsung food estate di Kubu Raya. Karena saya memantau langsung perkembangannya.

Apalagi bupatinya komitmen terhadap pembangunan pertanian," kata Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, kepada sejumlah wartawan usai meresmikan Kantor Bupati Kubu Raya, melakukan penanaman pohon, dan meresmikan Gedung Dakwah Muhammadiyah, Kamis (17/5).
Hatta menilai, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memiliki komitmen mendukung program ketahanan pangan pemerintah pusat. Saat ini kabupaten itu, merupakan satu-satunya kabupaten di Kalbar yang telah menetapkan SK pencetakan sawah baru (food estate) seluas lima ribu hektare di Padu Empat, Kompleks Desa Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar. Menteri Pertanian juga telah mengeluarkan SK No. 491/RC.110/X/2011 terkait kawasan ini.
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, mengatakan, dalam kurun waktu tiga tahun ini Pemkab Kubu Raya memprioritaskan sektor pertanian dengan memberdayakan para petani memproduksi beras lokal dalam rangka ketahanan pangan.

Sejumlah desa di beberapa titik pun telah ditetapkan sebagai kawasan pangan (rice estate) di 24 titik dan food estate yang dananya bersumber dari APBD dan APBN."Misalnya di Desa Kuala Mandor A Kecamatan Kuala Mandor B dengan luas lahan kurang lebih 100 hektare. Kemudian di Sungai Kakap dengan luas lahan dua ribu hektare, juga di Sungai Ambawang dan Rasau Jaya," jelasnya.


Sumber : http://kalbar-online.com/news/ekalbar/kubu-raya/hatta-rajasa-janji-kawal-food-estate

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri