Optimalkan Program Food Estate

SUNGAI RAYA-Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya pada tahun ini terus berpaya untuk mengoptimalkan program pengembangan kawasan pangan (Food Estate) di seluruh kawasan kecamatan di Kabupaten Kubu Raya.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, Suharjo mengatakan untuk mengoptimalkan program food estate, pihaknya akan menerapkan konsep penyebaran kawasan, disesuaikan dengan penyebaran penduduk dan potensi lahan yang ada.


Suharjo memastikan pengembangan kawasan pangan atau kegiataan usaha budi daya tanaman skala luas di Kabupaten Kubu Raya pada 2013 akan terus berjalan dan akan terus ditingkatkan. “Program inikan sudah menjadi komitmen pemerintah kabupaten dan kita harus terus berupaya untuk mengembangkan,” ungkapnya, Minggu (6/1).

Suharjo menjelaskan pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mendapat alokasi pencetakan sawah baru sebanyak 3.500 hektar. Bantuan pencetakan sawah tersebut tersebar di beberapa kecamatan. dari sembilan kecamatan yang ada. yang sebelumnya Kabupaten Kubu Raya mendapat jumlah alokasi kawasan pengan 2.000 hektare.

Untuk mengoptimalkan pengelolaan pengembengan kawasan pertanian itu, lanjut Suharjo penerapan konsep dengan cara penyebaran kawasan yang tidak hanya terpusat dan tersentral pada satu titik kawasan saja. “Kalau di Sungai Kakap sudah menjadi sentral padi, tentu daerah lain juga perlu dikembangkan,” ucapnya.
Selain konsep pengembangan kawasan food estate dengan melakukan penyebaran kawasan yang tidak hanya terpusat dan tersentral pada satu kawasan, Suharjo menambahkan pihaknya juga akan menerapkan sistem pengoptimalan lahan yang sudah ada dan pencetakan lahan sawah baru. (adg).

Sumber : Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri