Suharjo: Tingkatkan SDM dan IPTEK

SUNGAI KAKAP – Hari Nusantara ke-13 merupakan momentum bagi masyarakat di Kabupaten Kubu Raya, untuk menjaga dan memilihara perairan dan laut, yang berpotensi sebagai sumber kelangsungan hidup dan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan nelayan. Demikian disampaikan plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kubu Raya, Suharjo, setelah Upacara Hari Nusantara ke-13 di Lapangan PSDKP Desa Sungai Rengas, Sungai Kakap, Senin (17/12).

Dipaparkan Suharjo bahwa Kabupaten Kubu Raya memiliki perairan dan laut paling banyak di Kalimantan Barat, sehingga sudah barang tentu sebagai penyangga kebutuhan sumberdaya kelautan untuk provinsi ini. Sehingga, dia menambahkan, bukan hanya Pemkab, masyarakat pun khususnya yang berada di pesisir pantai, memiliki tanggungjawab yang tinggi untuk menjaga kelestariannya. “Laut kita punya potensi, sehingga wajib untuk dipelihara,” katanya.

Selain itu, Suharjo mengajak para nelayan dan masyarakat Kubu Raya untuk menggelorakan peningkatkan SDM dan IPTEK bidang kelautan. Dengan demikian, dia yakin, masyarakat Kabupaten Kubu Raya mampu mengoptimalkan perairan laut sebagai sumber daya alam yang berlimpah dan sebagai sarana membangun kesejahteraan dalam bidang ekonomi.

Untuk peningkatan SDM dan IPTEK bagi nelayan di Kabupaten Kubu Raya, Suharjo mengatakan bahwa pada dasarnya sudah dilakukan, yakni dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan pembinaan, agar para nelayan tidak kalah saing dengan nelayan luar, dalam meningkatkan tangkapan dan dalam mengelola sumberdaya kelautan yang ada. “Ke depan, peningkatan SDM dan iptek akan terus dilakukan, untuk memacu berupaya pengelolaan potensi sumberdaya kelautan,” ucapnya.

Sementara itu, asisten II Sekretariat Daerah Pemkab Kubu Raya, Sudiono, mengatakan bahwa dalam upaya mewujudkan bentuk rasa bangga dan cinta tanah air, serta rela berkorban demi keutuhan bangsa dan negara, merupakan bentuk implementasi wawasan nusantara. Namun demikian, diingatkan dia bahwa memperkuat NKRI melalui bidang lain juga tidak kalah pentingnya.

Diakui Sudiono bahwa pemerintah perlu meningkatakan SDM dan iptek bidang perikanan, pariwisata bahari, dan perhubungan laut, sehingga dapat dijadikan sebagai pilar utama dalam pembangunan kelautan. Seperti yang diketahui, lanjut Sudiono, Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan, pembangunan kelautan.

Sehingga, menurut dia, sudah seharusnya ditempatkan sebagai mainstream pembangunan ekonomi daerah sebagai kawasan penghasil kekayaan laut dan perairan terbesar di Kalimantan Barat. “Untuk membangun kawasan tersebut, tentu membangkitkan wawasan dan budaya bahari melalui peran SDM dan IPTEK sangat penting,” terangnya. (Adg)

Sumber : Pontianak Post


1 comment:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri