Berdayakan yang Tradisional

PEMKAB Kubu Raya melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kubu Raya terus memberdayakan dan menggali beragam potensi olahraga tradisional, yang merupakan warisan budaya bangsa, agar dikembangkan menjadi olahraga prestasi.

“Kita harus menumbuhkan kembali olahraga tradisional yang selama ini menjadi warisan budaya bangsa yang baik untuk dikembangkan menjadi olahraga prestasi. Kami akan melacak olahraga-olahraga tradisional itu untuk dikembangkan kembali,” ungkap Kabid Pemuda dan Olahraga, Disbudparpora, Sukiman, kemarin di Sungai Raya.


Menurut dia, wacana ini muncul setelah penyelenggaraan festival olahraga tradisional, di mana Kubu Raya turut serta pada beragam festival olahraga tradisional, dengan menampilkan nabuya. “Olahraga tradisional tersebut seperti permainan rakyat atau olahraga tradisonal yang merupakan aset budaya bangsa dan perlu dilestarikan, digali, dan ditumbuhkembangkan.

Ini perlu dilestarikan karena selain merupakan olahraga atau permainan mengisi waktu luang, juga mempunyai potensi lebih dikembangkan sebagai olahraga meningkatkan kualitas jasmani bagi pelakunya,” ucapnya. Katanya, yang disebut olahraga tradisional harus memenuhi dua persyaratan yaitu berupa ‘olahraga’ dan sekaligus juga ‘tradsional’ baik dalam memiliki tradisi yang telah berkembang, selama beberapa generasi, maupun dalam arti sesuatu yang terkait dengan tradisi budaya suatu bangsa secara lebih luas. “Untuk itu, pihaknya akan menggali dan mengembangkan beberapa jenis seni budaya dan olahraga yang telah digeluti masyarakat sejak zaman dahulu kala,” katanya. (den)

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri