11 Pelajar Timba Ilmu Kewirausahaan di Pasuruan

PASURUAN—Sedikitnya sebelas pelajar SLTA/SMK di Kabupaten Kubu Raya yang meraih nilai tertinggi ujian nasional mendapat kesempatan belajar sekaligus rekreasi di Pasuruan, Jawa Timur. Mereka belajar kewirausahaan di Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) milik salah satu perusahaan rokok pada tanggal 15 sampai 19 Juni tahun 2012.

Emi, salah satu pelajar Madrasah Aliyah Sungai Ambawang yang berprestasi mengatakan hari pertama, mereka dikenalkan berbagai macam produk olahan juga tanaman hortikultura alami.

“Kami di sini diberi pengetahuan yang belum didapatkan di sekolah, atau lingkungan tempat tinggalnya. Diantaranya, bagaimana cara menanam sawi dengan cara alami, sayur bayam, pohon pisang dan tanaman lain,” katanya.

Kemudian, lanjutnya, mereka melihat produk hortikultura dan kandang sapi. Pelajar diberi pengetahuan bagaimana merawat sapi yang baik sekaligus kotoran sapi diolah menjadi pupuk untuk tanaman hortikultura. “Kami juga diajak ke lokasi pengolahan produk-produk UKM. Di tempat ini, kami melihat ibu-ibu membuat kerajinan tangan hingga sampai dalam bentuk kemasan,” ucap dia.


Menurut Emi para siswa mendengarkan penjelasan dari instruktur PPK. Selanjutnya mereka diharapkan membawa pengetahuan ke kampung halaman masing-masing. “Ini adalah pelajaran berharga yang belum tentu saya dapat seumur hidup," katanya.

Emi bersama kawannya berharap ilmu yang didapati selama mengikuti pelatihan di PPK akan dipraktikan di Kubu Raya. “Saya akan berbagi ilmu untuk masyarakat di Sungai Ambawang," katanya.Dery pelajar berprestasi asal Kecamatan Rasau Jaya juga tertarik dengan pelajaran agro pertanian. Terlebih di daerahnya pertanian merupakan komoditas andalan. ”Banyak yang dapat dikembangkan dan diusahakan di kampung," katanya.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menuturkan kegiatan ini adalah penghargaan kepada siswa berprestasi. "Saya langsung memberikan penghargaan yang diharapkan ilmunya ditularkan kepada kawan-kawan di Kubu Raya," katanya.

Kepergian Bupati dan pelajar berprestasi ke Pasuruan tidak sendirian. Dia membawa serta para Camat se Kubu Raya untuk menggali potensi di daerah masing-masing. Sebab, dengan hasil pelatihan di PPK dapat diterapkan di Kubu Raya.

Ditempat serupa Agus S, Site Manager PPK perusahaan rokok terkenal ini menuturkan PPK didirikan pada tahun 2007 silam sebagai program CSR. Berdirinya PPK untuk menciptakan para enterpreneur muda di Indonesia. Apalagi, para pelajar yang baru saja menyelesaikan sekolahnya ini dapat menerapkan ilmu yang didapatnya selama menimba ilmu di PPK. "Mereka dilatih untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga jiwa mereka terdidik untuk berwira usaha," katanya. (den)


Teks Foto :
KUNJUNGAN: Para pelajar di Kubu Raya menimba ilmu wirausaha di Pasuruan, Jawa Timur. Salah satunya mengunjungi ternak sapi binaan salah satu perusahaan rokok terkenal di Indonesia ini. Foto Istimewa

Sumber :  Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri