Dukung Swasembada Pangan

Kunker. Foto Pontianak Post
KUBU—Desa Mengkalang Jambu Kecamatan Kubu berkomitmen mendukung program swasembada pangan.

“Ini merupakan program bagus dan terbaik,” kata Kepala Desa Mengkalang Jambu, Abdullah ketika menerima kunjungan kerja Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan pertama kalinya, Kamis (31/5).

Dia menuturkan Desa Mengkalang Jambu sudah memiliki pondasi mengembangkan kemandirian pangan. "Sejak beberapa tahun sudah ada kawasan lahan pertanian yang digarap masyarakat kami.

Hanya saja karena kondisi geografis desa kami berdekatan dengan Laut Cina Selatan dan termasuk kawasan pesisir dan kurang memadainya sistem irigasi, tidak jarang membuat hasil panen petani jauh dari harapan," katanya.

Abdullah menaruh harapan besar ke Pemkab Kubu Raya untuk memberikan dukungan ke desanya berupa infrastruktur pertanian. Pasalnya akan banyak tenaga dan biaya yang dibuang, jika sistem irigasi belum memadai. "Semangat masyarakat sudah luar biasa dan konsisten bercocok tanam. Namun kami perlukan dukungan riil dari Pemkab supaya sirkulasi air laut bisa kami atur agar tidak merusak tanaman," tuturnya.
Tidak hanya sektor pertanian khusus padi, saat ini pula Desa Mengkalang Jambu merupakan salah satu desa penyumbang hasil bumi jagung tongkol dua di Kubu Raya. "Setiap musim panen ada ratusan ton yang kami hasilkan. Saya tidak dapat bayangkan jika pengelolaan yang lebih optimal diterapkan, sebab saat ini kami masih melakukan cocok tanam dengan cara tradisional," ungkapnya.

Camat Kubu Effendi mendukung rencana pemerintah Desa Mengkalang Jambu. Apalagi saat ini Kabupaten Kubu Raya sedang gencar-gencarnya mempromosikan beras lokal sebagai langkah kemandirian pangan. "Jika Desa Mengkalang Jambu serius dengan apa yang mereka rencanakan, kita patut mendukung, bahkan Pemerintah Kecamatan juga siap memberikan dukungan agar potensi ini direspon oleh Pemda Kubu Raya melalui Dinas Pertanian dan Peternakannya," ujarnya.

Effendi menambahkan saat ini selain proragm pertanian yang digalakkan sebagai kawasan pantai selatan Kubu Raya juga didukung pemerintah. Pemkab terus membangun jalan poros yang menembus akses seluruh desa dan memutus keterpencilan daerah. "Desa Mengkalang Jambu termasuk daerah sulit dijangkau dengan kendaraan darat beberapa tahun lalu. Namun sekarang hanya butuh satu jam lebih sudah bisa ditempuh dari ibukota Kecamatan Kubu," katanya.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, SH menambahkan sikap tegas Desa Mengkalang Jambu untuk mendukung swasembada pangan membuat dirinya sebagai kepala daerah menaruh kebanggaan tersendiri. Apalgi desa yang baru saja dimekarkan dari Desa Seruat III ini sudah banyak menunjukkan keseriusan untuk perubahan ke arah yang lebih baik. "Kita siap mendukung apa yang mereka inginkan," ujarnya.(den)

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri