Heboh Guncangan di Wilayah Sungai Ambawang, BMKG Tegaskan Bukan Gempa - Berita Kubu Raya - Kalimantan Barat

Breaking

Unordered List

Saturday, September 8, 2018

Heboh Guncangan di Wilayah Sungai Ambawang, BMKG Tegaskan Bukan Gempa

Kubu Raya. Adanya informasi masyarakat terkait guncangan di teluk bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kubu Raya, Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Dr. Daryono, S.Si.,M.Si. nenilai tidak terdapat catatan gempa bumi di provinsi Kalimantan Barat.

"Berdasarkan monitoring Pusat Gempa Nasional BMKG menunjukkan tidak terdapat catatan gempa bumi di Provinsi Kalimantan Barat pada hari ini, Selasa (4/9)," ujarnya, Selasa (4/9/2018) malam.
Desa Teluk Bakung, kecamatan Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat
Desa Teluk Bakung, kecamatan Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat 

Hal ini juga menurutnya berdasarkan sensor pencatat gempa terdekat dengan lokasi yang berada di Kalimantan barat. "Sensor pencatat gempa terdekat dengan lokasi tersebut adalah Stasiun SSKI Singkawang.

Tidak adanya getaran yang tercatat oleh sensor seismik mengindikasikan getaran tersebut memiliki sumber yang bersifat sangat lokal, sehingga tidak terdeteksi oleh jaringan sensor INATEWS," lanjutnya. Ia mengutarakan ada dugaan bahwa pembangkit guncangan tersebut merupakan aktivitas sesar/patahan lokal. (Try Juliansyah /Editor: Dhita Mutiasari).
(Sumber : Tribun Pontianak)

No comments:

Post a Comment