Fasilitasi Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi - Berita Kubu Raya - Kalimantan Barat

Breaking

Unordered List

Thursday, March 8, 2018

Fasilitasi Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi

Kubu Raya. Pemerintah Kabupaten Kubu Raya membangun penyediaan air minum dan sanitasi yang baik melalui Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Sungai Kupah Kecamatan Sungai Kakap. 

“Dibangunnya sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ini salah satu tujuan utamanya yakni untuk meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat,” kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali saat meresmikan Pembangunan Sarana Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Sungai Kupah baru-baru ini.


RESMIKAN: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali didampingi istri, Endang Indrawati meresmikan pembangunan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat di Desa Sungai Kupah. humas Pemkab Kubu Raya
RESMIKAN: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali didampingi istri, Endang Indrawati meresmikan pembangunan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat di Desa Sungai Kupah. humas Pemkab Kubu Raya

Menurutnya tujuan program Pamsimas adalah untuk meningkatkan akses  layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan khususnya masyarakat di desa tertinggal dan masyarakat di pinggiran kota. 

Selama ini kata Rusman Ali masih banyak ditemukan masyarakat pinggiran kota yang minim akses  air bersih, karenanya diharapkan dengan dibangunnya sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ini bisa meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi berkelanjutan. 

Rusman Ali melihat, pembangunan Pamsimas merupakan sebuah inovasi untuk memberikan layanan air bersih kepada masyarakat di pedesaan. Sebagaimana diketahui, Kubu Raya memiliki wilayah yang dipisah-pisahkan oleh perairan. Sehingga kehadiran Pamsimas akan sangat membantu dalam penyediaan layanan air bersih dan sanitasi kepada masyarakat. 

“Kami sangat mendukung pembangunan sarana air bersih ini, terlebih juga dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa. Ini sebuah inovasi yang harus terus kita dukung untuk dikembangkan juga di desa-desa yang lainnya yang jauh dari jangkauan PDAM. Sehingga masyarakat dapat menikmati air bersih,” ujar Rusman Ali.

Dikesempatan yang sama, dia mengharapkan masyarakat agar kegiatan itu bisa memberi manfaat yang lebih besar kepada masyarakat, dan tetap terjaga serta dikelola dengan baik oleh pemerintah desa dan masyarakat. 

“Kami harapkan, agar masyarakat bersama-sama membantu menjaga dan merawat fasilitas air bersih yang sudah tersedia ini. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat secara baik,” terang Rusman Ali.

Kepala Desa Sungai Kupah, Sabri M Ali, mengapresiasi langkah pemerintah daerah setempat dalam memfasilitasi pembangunan sarana air bersih dan sanitasi yang baik di desanya. 

“Kami sangat bersyukur dapat dukungan dan pendampingan dari koordinator Pamsimas Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Akhirnya, masyarakat di desa kami dapat mewujudkan ketersediaan sarana air bersih di Desa Sungai Kupah ini,” pungkasnya. (Sumber : Ash/www.Pontianak Post.co.id)

No comments:

Post a Comment