Produk UMKM Terkendala Pasar

SUNGAI RAYA-Produk Unit Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Kubu Raya masih terkendala pasar. Sehingga perlu pelatihan yang diberikan kepada pelaku usaha untuk dapat memetakan pasar produk.
Program Kementerian Koperasi dan UKM RI, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha menggiatkan program-program usaha mikro kecil dan menengah baik dalam segi pemasaran produk hasil olahan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk dapat langsung mengetahui sepak terjang para pengusaha kecil khususnya di Kalimantan Barat.

Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kemenkop dan UKM RI  yaitu  bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kubu Raya adalah mengadakan kegiatan yang bertemakan “Peningkatan daya saing dan identitas produk makanan dan minuman” yang mendatangkan kurang lebih 70 peserta di Ballroom Randayan,Rabu (29/5).

Masing-masing orangnya telah menghasilkan salah satu produk makanan, minuman maupun kerajinan tangan yang telah merambah pasar. Dari hasil kegiatan tersebut, para peserta mendapat pencerahan mengenai pemasaran produk-produk yang telah dihasilkan para peserta dan para peserta telah mendapatkan ilmu terlebih mengenai pemasaran produk dan pengemasannya.

Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha, Kemenkop dan UKM RI, Neddy Rafinaldy Halim menjelaskan melalui program-program seperti inilah upaya-upaya peningkatan daya jual produk olahan masyarakat dapat tersalurkan baik dalam segi pemasaran produk maupun pengemasannya

“Untuk mengenai bagaimana cara pengemasan produk olahan masyarakat agar ada daya jual masing-masing produk, kami datangkan ahli dalam pengemasan produk-produk tersebut langsung dari Jakarta,” katanya. Neddy menambahkan dengan adanya kegiatan seperti kita tentunya dapat mengumpulkan masyarakat baik dari pengusaha kecil untuk dapat memetakan permasalahan maupun kendala-kendala yang terjadi para pelakon usaha. Alhasil para pelakon usaha kecil disini masih terkendala mengenai pengemasan dan pemasarannya

“Kita berharap dengan adanya produk-produk lokal yang sangat baik dan menarik ini, pemerintah pusat maupun daerah dapat bersinergi agar dapat menyalurkan produk yang ada kepasaran yang lebih luas dan bisa jadi jika produk tersebut layak untuk dipasarkan ke mancanegara,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kubu Raya, Sutoyo menambahkan pihaknya berharap dengan kegiatan tersebut para pelaku usaha kecil menengah yang selama ini kesulitan mengenai jaringan-jaringan pemasaran produk sedikit demi sedikit telah menata jaringan pemasaran. “Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini masyarakat bisa memasarkan produk mereka dengan baik dan bisa merambah pasar yang lebih luas,” harapnya. (adg)

Sumber : Pontianak Post , Tanggal 30 Mei 2013. Halaman 18

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri