Waspadai Maling Ikan

SUNGAI RAYA-Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kubu Raya telah bekerjasama dengan aparat kepolisian khusunya Pol Airud Polda Kalbar guna mengantisipasi pencurian ikan di wilayah perairannya.  Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kubu Raya, Suharjo mengatakan meski sudah menjalin kerjasama guna mengantisipasi pencurian ikan di perairannya, pihaknya tetap meminta kepada masyarakat untuk ikut mengawasi, agar sumber daya alam yang ada di perairannya tidak dicuri oleh orang tak bertanggungjawab.

Menurutnya, dari pertama kali dirinya menjabat sebagai Kadis Kelautan dan Perikanan Kubu Raya memang belum ada ditemukan aksi-aksi pencurian. Meskipun demikian hal tersebut tetap harus tetap dijaga dengan ketat. Karena ikan-ikan di Kabupaten Kubu Raya sangat berpotensi besar bagi masyarakat dalam mendongkrak perekonomiannya.

“Yang jelas ikan di Kubu Raya ini potensinya besar, dan memang selain pertanian sektor unggulan kita adalah perikanan,” katanya, kemarin.  dia berharap dengan potensi ikan yang sangat besar di Kabupaten Kubu Raya dapat memanfaatkan masyarakat, seperti  ikan bandeng udang, kepiting yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menunjang perekonomiannya.


POTENSI: Potensi laut Indonesia belum tergarap maksimal. Selain untuk pemenuhan pasar domestik, sebagian hasil laut kitaternyata dinikmati pelaut asing dengan melakukan pencurian.RM FOTO



Dia menegaskan untuk menjaga peraian Kabupaten Kubu Raya dari tindakan pencurian ikan, piahknya saat ini terus melakukan koordinasi dengan Pol Airud Polda kalbar untuk menjaga keamanan perairan.  Sementara itu, Kabid Humas Polda Kalbar AKBP Mukson Munandar menyatakan bahwa pihak kepolisian sendiri akan menindak tegas pelaku-pelaku yang melakukan illegal fishing di wilayah perairan Polda Kalbar.

Menurutnya, hal itu tidak hanya dilakukan di Kabupaten Kubu Raya saja akan tetapi di seluruh perairan Kalimantan Barat “Wilayah perairan kita sudah dijaga ketat, ini dilakukan agar tidak terjadinya pencurian ikan,” tegasnya.  Menurutnya, sejauh ini sudah banyak kasus pencurian ikan yang ditangani.

Akan tetapi untuk di perairan Kabupaten Kubu Raya memang belum ada tindakan pencurian yang terjadi. Meskipun demikian petugas Patroli Pol Airud Polda Kalbar setiap saat melakukan patroli di wilayah perairan
Untuk pelaku-pelaku illegal fising, lanjut dia yang ditangani Polda Kalbar, sejauh ini sudah diperoses hingga ke meja hijau.  Dimana barang bukti dan tersangkanya juga sudah diproses. “Siapapun yang melakukan pencurian ikan akan kita tindak sesuai prosedur hukum dan undang-undang yang ada. Polisi tidak tebang pilih bagi pelaku yang melakukan pencurian ikan,” tegasnya. (adg)

Sumber : Harian Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri