Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni

SUNGAI RAYA-Saodah warga Parit Muksin Desa Parit Baru Sungai Raya merasa bahagia, lantaran kediamannya yang sudah lama rusak parah mendapatkan perbaikan dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.
Saodah (64)  merasa bersyukur dan bahagia rumahnya diperbaiki, karena untuk memperbaikinya sendiri mengaku dirinya tidak mampu karena selain sudah tua dan tidak memiliki biaya, keluarganya pun  tidak bisa membantu. “Syukurlah masih ada yang mau memperhatikan saya,” ucapnyam, kemarin.

Bagi Saodah perbaikan rumah yang dilakukan pemerintah desa dan TNI telah memberikan harapan baru bagi kehidupannya. Baginya di rumah yang lebih bagus dari sebelumnya ia dapat menikmati hari tuanya.  Dari pantauan Pontianak Post, Kepala Desa Parit Baru, Musa bersama anggota Koramil Sui Raya dan Komunitas Mitra Territorial (KMT) Kodim 1201/MPH Wilayah Selatan melakukan swadaya perbaikkan rumah kepada Saodah (64) seorang janda  warga Parit Muksin Desa Parit Baru.
Perbaikkan rumah tersebut sebenarnya merupakan program pemerintah melalui APBD Kubu Raya 2012 yang diberikan dalam bentuk material bangunan.

Musa mengatakan Saodah merupakan warga yang memang perlu dibantu untuk perbaikkan rumah. Selain sudah tua beliau juga tidak memiliki keluarga yang bisa membantunya untuk merehab rumah. Sehingga pihaknya melibatkan anggota TNI. “Kita sangat terbantu dengan bantuan yang diberikan oleh TNI dan KMT Kodim 1201 tersebut dan kedepan kita berharap kerjasama ini tetap terjalin,” katanya.

Musa menuturkan untuk Desa Parit Baru  sebanyak 16 rumah yang mendapatkan perbaikan dari program APBD. Saat ini sudah mulai melakukan perbaikan. Sebelumnya pengusulan yang dilakukan kepada Pemkab hanya sepuluh rumah, namun karena Pemkab melihat masih banyak rumah warga miskin yang harus diperbaiki akhirnya diberilah perbaikan rumah lebih dari yang diusulkan. ”Masyarakat tidak usah lagi memikirkan rumahnya bocor, kepanasan, melalui program pemerintah inilah, kita upayakan semuanya merasakan kehidupan yang layak,” paparnya.

Sementara itu Danramil Sungai Raya, Takjun Tanjung mengatakan apa yang dilakukan oleh anggotanya dalam perbaikan rumah Saodah merupakan tugas dan kewajiban dari TNI. “Kita itu selalu terbuka terhadap masyarakat, asal masyarakat atau pihak desa saja yang melapor perlu bantuan  tentunya akan dibantu,” katanya.

Takjun berharap antara masyarakat dan TNI jangan ada kesenjangan dalam kehidupan sehari-hari, artinya sebagai masyarakat antara TNI dan masyarakat semuanya sama. Jangan ada ketakutan dari warga untuk berkomunikasi dengan TNI apalagi menyangkut dengan kepentingan masyarakat banyak. “Kita selalu siap dilibatkan dalam acara apa pun, terutama menyangkut kepentingan masyarakat banyak,” tegasnya. (adg)

Sumber : Pontianak Post

1 comment:

  1. kunjungan pagi sobat, mari kita cegah bencana alam dengan melakukan penghijuan sobat, dukung penghijauan skrng sobat..
    http://blog-agan.blogspot.com/2013/01/cegah-bencana-alam-dengan-melakukan.html

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri