Ajang Silaturahmi Masyarakat

Muda Mahendrawan
RITUAL robo-robi akan digelar di tiga kecamatan, yakni Sungai Kakap, Teluk Pakedai dan Kubu. Tradisi tahunan di Kabupaten Kubu Raya itu akan dilaksanakan, pada  Rabu (9/1) hari ini. Robo-robo yang bertepatan dengan kedatangan  Panembahan Daeng Manambon dari Kerajaan Tanjungpura Ketapang ke Mempawah.

Tahun ini pekan raya robo-robo di Kabupaten Kubu Raya dipusatkan di Kecamatan Sungai Kakap. Secara resmi dibuka langsung Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan. Masyarakat setempat pun tidak ingin ketinggalan untuk menyaksikan secara langsung pembukaan ritual robo-robo tersebut.

Pekan Raya robo-robo yang dilangsungkan di tiga kecamatan itu direncanakan akan  diisi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat, pelajar dan pemerintah. Kegitan yang ramai dikunjungi masyarakat tersebut diharapkan disamping melestarikan budaya leluhur yaitu budaya robo-robo juga sekaligus menjalin silaturahmi antar warga.


Muda mengatakan perayaan ritual robo-robo yang diselenggarakan setiap tahun di Kabupaten Kubu Raya, selain sebagi mengembangkan budaya lokal yang ada juga  sekaligus  membangun karakter masyarakat sehingga harus mempunyai jati diri. “Dengan pagelaran Robo-robo ini akan membangun kepercayaan satu sama lain,” katanya, Selasa (8/1). 

Muda menuturkan perayaan robo-robo selain sebagai ajang mempererat silaturahmi warga juga tentunya sebagai upaya dalam menjaga kelestarian budaya yang sudah ada turun menurun. Dan tentunya  agar dapat  menjadi bagian dari wisata budaya di Kabupaten Kubu Raya yang setiap tahunnya diselenggarakan

"Dengan agenda tersebut, lanjut Muda  tentunya dapat menjadi magnet untuk dampak yang lebih besar bagi pembangunan. Dimana akan terbangun semangat memiliki daerah di dalam jiwa masyarakatnya. Sehingga upaya pembangunan akan berjalan dengan baik seiring semangat pembangunan yang telah tertanam di masyarakat. “Masyarakat memiliki peran dalam pembangunan, tentu semangatnya sangat dibutuhkan,” ucapnya. (adg)

Sumber : Pontianak Post



3 comments:

  1. pekan ritual robo-robo, saya baru tahu tentang ritual ini, namun memang sebaiknya hal seperti ini kita lestarikan sebagai salah satu warisan budaya bangsa :)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri