Nuh: Tempatkan Guru di Daerah Terpencil

SUNGAI RAYA-Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kubu Raya Muhammad Nuh Syaiman memastikan jika peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi guru yang telah dinyatakan lulus tes kompetensi bidang akan ditugaskan ke daerah terpencil, seperti Kecamatan Batu Ampar, Terentang dan Teluk Pakedai

Nuh mengatakan pemilihan penempatan CPNS formasi guru pada daerah terpencil sudah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Karena pada dasarnya sekolah-sekolah di daerah terpencil sangat membutuhkan tenaga pengajar yang memang masih mengalami kekurangan. “Kalaupun ada CPNS yang ditempatkan di Kecamatan Sungai Raya, itu di lokasi pedalaman dan memang ditugaskan untuk menggantikan guru yang telah pensiun,” katanya.


Menurut Nuh, CPNS yang telah dinyatakan lulus telah mengikuti pemberkasan sebagai syarat untuk mendapatkan nomor induk pegawai (NIP). Adapun syarat-syarat pemberkasan yang telah dipenuhi diantaranya, adalah surat kelakukan baik, bebas dari narkoba, surat kesehatan, lamaran, dan kartu kuning.

Berkas-berkas persyaratan tersebut, lanjut Nuh akan dikirim ke BKN dan paling lambat penyerahan berkas pada 15 Desember mendatang. Jika berkas telah diterima, maka proses selanjutnya adalah tinggal menunggu NIP yang akan diterbitkan BKN. “Kalau NIP sudah dikeluarkan BKN, barulah kita menyiapkan pengangkatan,” terangnya.

Jika NIP ditertibkan pada Desember ini, Nuh menambahkan maka dipastikan pada awal 2013, sejumlah 218 CPNS sudah dapat menjalankan tugas, baik formasi guru yang di tempatkan di daerah-daerah terpencil maupun CPNS formasi teknis.

Meski telah mendapatkan ratusan tenaga baru CPNS, Nuh mengakui jika jumlah peserta CPNS yang dinyatakan lulus belum dapat memenuhi kebutuhan CPNS di Kabupaten Kubu Raya. Sejak 2010 sampai 2012 PNS yang pensiun mencapai 300 orang, untuk 2013 mencapai 60-an PNS,” ungkapnya

Menurut Nuh, kondisi tersebut dikarenakan selain banyaknya PNS pensiun, dalam pelaksanaan tes CPNS beberapa waktu lalu sebanyak  18 formasi tidak terisi, guru sebanyak 13 orang, dokter satu, kesehatan satu dan sisanya tenaga teknis.

Nuh memastikan untuk 2013 mendatang pihaknya akan  tetap mengusulan penerimaan CPNS kepada Kemenpan RB dan BKN.  Ada atau tidaknya pembukaan CPNS mendatang, semuanya tergantung dari Pemerintah Pusat. “Kekurangan  PNS tidak bisa kita tutupi, karena proses tes CPNS kemarin sudah kebijakan pusat,” terangnya. (adg)

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri