Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon Inilah Para Pemenang Menanam 1 Miliar Pohon


gambar dari Internet
JAKARTA, KOMPAS.com — Selain menanam pohon di Bandara Soekarno-Hatta, pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia kali ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan juga memberikan penghargaan kepada para gubernur, bupati, dan wali kota pemenang Lomba Penanaman Satu Miliar Pohon tahun 2011 Tingkat Nasional.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mendapat peringkat Platinum Gold karena berhasil menggerakkan seluruh komponen masyarakat Jawa Tengah tiga kali berturut-turut sebagai juara I. Selanjutnya Juara I tahun 2011 diterima Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang berhasil menggerakkan seluruh komponen masyarakat melakukan penanaman pohon dengan jumlah terbanyak. Juara II dan III masing-masing diraih Provinsi Sumatera Barat dan Sulawesi Utara.

Untuk tingkat kabupaten, masing-masing diterima Bupati Grobogan Bambang Pudjiono, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, dan Bupati Minahasa Utara Sompie SF Singal. Adapun tingkat kota masing-masing diterima Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, dan Wali Kota Metro Lukman Hakim.


Pelaku usaha
Kementerian Kehutanan juga memberikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang turut berpartisipasi dalam Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon tahun 2011. Di antaranya para pelaku usaha nonkehutanan, yakni PT Astra Internasional Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Adaro Energy Tbk, PT Indominco Mandiri, dan PT Jarum.

Untuk pelaku usaha sektor kehutanan, penghargaan diberikan kepada PT Sarmiento Parakantja Timber (Kalteng), PT Erna Juliawati (Kalbar), dan PT Korintiga Hutani (Kalteng). Salah satu keberhasilan Penanaman I Miliar Pohon tahun 2011 juga karena didukung kelompok masyarakat pelaku usaha yang bermitra dengan industri perkayuan. Yang mendapat penghargaan tahun ini adalah Asosiasi Petani Hutan Rakyat (APHR) Wonosobo, Jateng; Koperasi Serba Usaha Sengon Agung Bersama Jombang, Jawa Timur; dan APHR Purwo Lestari Purworejo, Jateng.

Di samping itu, penanaman juga berhasil dilakukan di kawasan konservasi, tahun ini diterima pelaku usaha konservasi PT Murindra Karya Lestari (Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta), PT Adhiniaga Kreasinusa-Artha Graha Peduli (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Lampung), dan PT Trimbawan Swastama Sejati (TN Bali Barat).

Yang cukup besar juga partisipasinya dalam gerakan penanaman pohon ini adalah pergurun tinggi dan LSM serta perorangan yang peduli dengan pelestarian alam dan lingkungan hidup. Penghargaan tahun ini diberikan kepada Universitas Diponegoro Jateng, Universitas Andalas Sumbar, dan WWF DKI Jakarta.
Penghargaan perorangan diberikan kepada Tosca Santoso (Green Radio Jakarta), Sahabat Alam (Jakarta), Prof Dr Sudijono Sastroatmojo (Rektor UNS Jateng), TGH Hasanai Juaini, LC (Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada, NTB), Mayjen Lodewijk Fredrick Paulus (Pangdam I Bukit Barisan Sumut).

2 comments:

  1. Thanks atas infonya. Sesekali berkunjung dan berkomentar donk di blog butut saya..Sesame orang kuburaya..heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Juniyarsa Ardilla : Terima kasih atas kunjungannya. Insya Allah akan kunjungan Balik. Salam :))

      Delete

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri