Imbauan Semangat Gotong Royong

Foto Asep Haryono
PEMERINTAH Desa Rasau Jaya Umum Kecamatan Rasau Jaya saat ini tengah mencanangkan program “Ayo Bergotong Royong” kepada warganya, Jumat (7/12). 

Kepala Desa Rasau Jaya Umum Kecamatan Kabupaten Kubu Raya, Rajali Ahmad mengatakan pencanangan program “Ayok Bergotong Royong” pada dasarnya adalah untuk kembali membangkitkan semangat, membudayakan dan  menanamkan kembali semangat bergotong royong kepada warganya.

Karena tidak dipungkiri, lanjut Rajali saat ini semangat gotong royong semakin terkikis oleh kemajuan zaman. Banyak orang yang lebih mementingkan kepentingan pribadi dan telah melupakan silaturahmi. “Sejak dilaksanakan pada November lalu, berbagai kegiatan sudah kami lakukan, seperti memperbaiki jalan dan membersihkan saluran air secara bersama-sama,” katanya.

Pencanangan kegiatan tersebut, Rajali menambahkan selain dilatarbelakangi keinginan untuk membaurkan masyarakat dan menanamkan semangat juga sebagai upaya kerja nyata masyarakat untuk tidak selalu pasrah mengharapkan bantuan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. “Ini juga sebagai upaya masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk. Karena memang saat ini di Rasau Jaya sedang maraknya DBD,” tuturnya.

Meski tidak ingin terlalu berharap bantuan pemerintah, Rajali menyatakan sebagai masyarakat tentu sangat berharap Pemkab Kubu Raya dapat memberikan perhatian, seperti menganggarkan perbaikan jalan dan normalisasi saluran air. “Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Rasau Jaya Umum, Sabrani mengaku sangat mendukung pencanangan program “Ayo Bergotong Royong” yang dilakukan Pemerintah Desa pimpinan Rajali Ahmad.

Menurut Sabrani saat ini semangat gotong royong harus kembali ditanamkan kepada warganya. Dengan kegiatan tersebut selain akan berdampak pada kesadaran warga untuk menjaga lingkungan tempat tinggal, juga akan membangun semangat kerjasama dan silaturahmi antar sesama warga.  “Kegiatan ini, akan membangun semangat kekeluargaan, rasa senasib sepenanggungan untuk membangun desa,” ujarnya. (adg)

Sumber : Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri