Tuesday, June 26, 2012

Layar Meretas Khas Lokal

MOTIF Layar Meretas akan menjadi rancangan corak dan motif batik Kabupaten Kubu Raya. Motif tersebut mewakili seluruh unsur keragaman budaya di kabupaten termuda di Kalbar. Diharapkan rancangan tersebut dapat dijadikan bahan inventaris aset kebudayaan dan diterima semua pihak, khususnya pemerintah dan warga KKR.

”Ini hasil kerja tim perancang desain batik Kubu Raya. Mereka mewakili semua unsur etnis di Kubu Raya,” kata Busri, Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kubu Raya.Menurut dia selama tiga bulan, proses perancangan desain batik khas Kubu Raya lebih fokus dikuatkan di  aspek sejarah, potensi sumber  alam dan keragaman etnis di dalamnya dan unsur khas Melayu, Jawa, Madura, Dayak dan Tionghoa.  Desain corak batik Kubu Raya yang telah dipresentasikan dan disepakati juga diterima bersama berbagai pihak.


”Meski sulit memadukan semua usulan-usulan, namun dalam proses finishing desain batik rancangan bersama itu diyakini telah mewakili semua aspek yang ada. Proses penyempurnaan desain batik karya bersama khas Kubu Raya itu akhirnya disepakati dan diperkuat dengan masukan serta saran dari tim perumusan,” kata Busri.

Tambahnya, kerja tim perancangan dibawah naungan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga sudah maksimal. Proses perancangan dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan dengan memberikan atensi yang memperkuat proses perancangan juga finishing rancangan corak batik Kubu Raya. Kedepannya akan dipatenkan dan diperdakan Pemkab Kubu Raya. Hasil rancangan juga akan dilaunching bersamaan momen ulang tahun Kubu Raya tanggal 17 Juli 2011.(den)

0 comments:

Post a Comment