Gotong Royong Bersih Lingkungan

SUNGAI RAYA—Pemerintah Kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kubu Raya memberikan apreasi setinggi-tingginya terhadap gerakan bersih lingkungan yang difokuskan di Desa Sungai Raya Dalam. Gebrakan yang digelar Forum Komunikasi Pembangunan Sungai Raya Dalam (FKPSRD) dan Ikatan Jurnalis Kubu Raya (IJKR) diadakan Minggu (27/5). Bupati Muda Mahendrawan dan Ketua DPRD Kubu Raya Sujiwo ikut hadir dalam kegiatan gerakan bersih lingkungan ini.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menuturkan gerakan bersih lingkungan bertujuan memunculkan dan menanamkan kembali nilai-nilai kegotongroyongan di tengah masyarakat yang semakin hari secara perlahan dirasakan kian memudar. Makanya kegiatan ini tidak hanya dilakukan satu kali saja, namun hendaknya minimal sebulan sekali. “Kita berharap dapat diikuti oleh desa-desa lain," ujarnya.
BERSIH LINGKUNGAN: Ketua DPRD Kubu Raya Sujiwo SE- Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan melakukan gerakan bersih lingkungan di lingkungan Sungai Raya Dalam. Foto istimewa

Kata Muda program ini secara tidak langsung telah membantu pemerintah untuk menggalakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). "Gerakan terus kegiatan seperti ini. Ketua RT, RW, Kepala Dusun, serta kepala desa berperan penting menggerakan masyarakatnya untuk gotong royong," katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Kubu Raya, Sujiwo mengatakan  kegiatan yang dipelopori FKPSRD—IJKR ini menunjukan adanya kepedulian organisasi kemasyarakatan dengan kegiatan yang bersifat sosial. Ini tentunya dapat memotivasi dan mengajak masyarakat menghidupkan kembali nilai gotong royong. “Sebab kekuatan gotong royong akan banyak dirasakan manfaatnya. Tidak hanya bagi masyarakat, melainkan juga di lingkugan sekitar," ucap dia.

Ketua FKPSRD, Ir. Harry Syahrizuan menyebutkan gerakan bersih lingkungan juga dibarengi dengan beberapa kegiatan penting, seperti penanaman pohon, tanam hias dan penambalan jalan berlubang, gotong royong termasuk penyerahan bubuk abate ke warga juga penyerahan 8 buah bak sampah dari FKPSRD kepada Dinas Cipta Karya. “Kedepannya kita akan jadikan kegiatan ini sebagai agenda tetap. Apalagi Sui Raya Dalam terasnya Kubu Raya yang berbatasan dengan kota selayaknya memiliki lingkungan yang bersih," ujarnya.

Ditempat yang sama Penasehat IJKR, Zulfi Hamid menyambut baik gerakan bersih lingkungan. Katanya para jurnalis memiliki peran sosial di masyarakat dalam berbagai bidang. "Karena itu sebagai mitra kami terbuka dan siap untuk bekerja sama dengan siapapun baik itu pemerintah, elemen masyarakat serta masyarakat sepanjang untuk kemajuan daerah," ucap dia. (den)

Sumber : Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri