Dukung Terminal Internasional

AMBAWANG – Camat Sungai Ambawang Muhammad Zaini menuturkan bahwa warga sekitar sangat mendukung keberadaan terminal antar negara (TAN) yang terletak di Kecamatan Sungai Ambawang. ”Alhamdulillah semua mendukung keberadaan dan kelanjutan pembangunan terminal internasional atau TAN ini,” katanya di sela-sela kegiatan gotong royong di Perum V.

Menurut dia, dukungan warga sekitar sekaligus mementahkan argumen yang beberapa waktu lalu beredar, terkait penahanan material untuk pembangunan TAN ini. ”Semua mendukung dengan ikut serta menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan. Itu dibuktikan warga sekitar TAN melaksanakan gotong royong, termasuk ikut membantu melarang semua bangunan liar berdiri di sekitar terminal,” ujarnya.

Ia menuturkan beberapa waktu lalu banyak orang-orang lokal ataupun dari luar yang berusaha mendirikan bangunan usaha tanpa izin di sekitar terminal. Namun, diakui Camat, upaya mereka mampu dicegah dengan bantuan para pemuda di Perum V dan sekitarnya untuk bersama-sama menjaga agar tidak berdirinya bangunan. ”Itu salah satu tanggung jawab warga sekitar terminal,” ucap dia.


Bentuk dukungan warga di kawasan tersebut, menurutnya, adalah dengan membantu melakukan kebersihan, termasuk melancarkan saluran air di parit. Selain itu, ditambahkan dia, warga juga berharap dengan adanya TAN, pemerintah ikut membantu fasilitas umum. Sebab, dia begitu mengapresiasi ketika warga di sekitar terminal ternyata ikut mendirikan poskamling dan menjaga keamanan sekitar.

Selain itu, diyakinkan dia bahwa warga di sana begitu berharap adanya kelanjutan proyek pengerasan jalan. Pasalnya beberapa ruas jalan sudah dirabat beton, namun ternyata masih ada beberapa di antaranya yang ternyata belum. “Namun warga tetap berharap kegiatan gotong royong seperti begini diteruskan,” timpal dia.

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, mengatakan bahwa masyarakat di sekitar terminal sudah sangat kompak dan bagus. Dia menilai warga di sana telah memiliki kesadaran akan fungsi terminal. “Makanya mereka kawal dan rawat dengan baik,” timpal dia.

Apresiasi warga, menurutnya diperlihatkan dengan kegiatan gotong royong serta penanam pohon, termasuk juga membersihkan lingkungan parit. ”Dan kita juga sangat berharap kalau terminal sudah diresmikan, ekonomi masyarakat sekitar juga harus bereaksi. Artinya keberadaan terminal antara negara ini dapat dirasakan positif bagi warga sekitar atau warga luar,” ucapnya. (den)

Sumber : Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri