Butuh Banyak Sarana - Berita Kubu Raya - Kalimantan Barat

Breaking

Unordered List

Tuesday, June 5, 2012

Butuh Banyak Sarana

KEPALA Puskemas Rasau Jaya, Samsul Hadi, mengatakan saat ini puskesmas yang dipimpinnya masih kekurangan sarana kesehatan. Makanya, tempat pelayanan kesehatan ini membutuhkan sarana penunjang pelayanan kesehatan seperti alat lab, alat kesehatan, dan meubeler kantor.

"Semakin hari intensitas pasien di Puskesmas Rasau Jaya terus meningkat. Sementara jumlah kapasitas tempat tidur hanya berjumlah tujuh buah, begitu pula lab yang (ada) masih sederhana," katanya ditemui kemarin. Menurut dia, tidak hanya itu, persoalan lain adalah alat medis penunjang UGD  yang juga masih terbatas. Misalnya untuk tindakan darurat pada bayi, kecelakaan, dan tindakan darurat yang mesti segera ditangani.  Sedangkan mobil ambulans menjadi salah satu prioritas, karena selama ini yang digunakan hanya mobil Pusling. "

Apalagi status Puskesmas Rasau adalah rawat inap, yang tentunya dituntut memberi pelayanan lebih, tidak hanya dari SDM, namun juga perlengkapan medis sebagai penunjang pelayanan itu. Belum lagi ada pasien rujukan dari kecamatan lain," ucapnya.

Ia menambahkan pihaknya kerap merasa kewalahan jika jumlah pasien tiba-tiba membludak. Terlebih jika musim penyakit wabah yang sering menimpa warga seperti DBD, kecelakaan, dan persalinan. Meski begitu, pihaknya berupaya maksimal melayani kesehatan masyarakat sebagai kebutuhan dasar.

Kalau tidak tertangani, maka ditambahkan dia, pasien bersangkutan akan dirujuk ke Rumah Sakit Soedarso, yang memiliki sarana dan prasarana lengkap. “Kelengkapan sarana kesehatan itu juga untuk mendukung program KTM (Kota Terpadu Mandiri) yang telah dicanangkan, sehingga untuk disektor kesehatan harus menjadi pendukung," ujarnya. (den)

Sumber :  Pontianak Post

No comments:

Post a Comment