Bangun Sekolah Baru

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya akan memokuskan pembangunan unit sekolah baru di pedesaan. Itu tidak terlepas dari komitmen pemerintah. Selain menggelontorkan dana Rp11 miliar dari BOSDA, dikucurkan untuk seragam utama ke siswa baru di sekolah negeri di Kubu Raya, juga dana untuk gedung sekolah.

“Tahun depan kita akan targetkan satu SD baru di Desa Sungai Bemban Kecamatan Kubu. Ini merupakan kebutuhan warga, mengingat di desa tersebut ada satu sekolah SD yang jarak tempuhnya dari dusun yang lain mencapi 4 – 6 kilometer. Dan anak-anak menuju sekolah tersebut ada yang berjalan kaki dan ada juga yang menggunakan sampan,” kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, kemarin.

Menurut dia, rencana pembangunan gedung SD baru tersebut berlokasi di antara Dusun Karya Maju dan Karya Bersama. Untuk diketahui, dusun tersebut merupakan daerah awal peradaban masyarakat di Desa Sungai Bemban. Desa itu berbatasan langsung dengan Kecamatan Teluk Pakedai. “Kita berkomitmen menekan angka putus sekolah. Tahun depan kita akan menganggarkan untuk membangun satu sekolah baru di sini,” katanya.


Keinginan pemerintah tersebut disambut positif oleh masyarakat setempat. Syafi’i, salah seorang tokoh masyarakat Dusun Karya Maju. Dia mengucap syukur dengan rencana pemerintah untuk menambah sekolah di daerah tersebut. “Kami sangat mendukung dan bersyukur atas keinginan Bupati membangun SD di sini. Ini memang kebutuhan kami, masyarakat di sini.

Jika tidak ada lahan, saya sendiri akan menyerahkan lahan saya untuk lokasi SD tersebut. Yang terpenting bagi saya adalah anak-anak bisa sekolah,” ungkap dia. Katanya, selama ini anak-anak mereka harus menempuh jarak yang sangat jauh untuk menuju sekolah. Ditambah lagi akses yang sangat terbatas membuat anak-anak di dusun tersebut kesulitan mendapatkan fasilitas pendidikan. (den)

Sumber : Pontianak Post
 

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri