Janji Terus Sinergiskan Kerjasama

PENGHARGAAN: Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat memberikan penghargaan kepada sejumlah aparatur pemerintahan pada kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-66 Kementerian Agama, Selasa (3/12). DENY HAMDANI/PONTIANAK POST
SUNGAI RAYA – Kepala Kemenag Kubu Raya Ramli HM Said berjanji terus mendorong jajaran di bawahnya agar terus menjalin kerjasama yang baik antarlembaga, dinas, dan instansi terkait, agar terus bersinergi dengan baik bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kubu Raya.

Itu dibuktikan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, sehingga terbukti mampu membawa Kemenag menjadi terbaik dan nomor satu di beberapa perlombaan yang dilakukan Kanwil Departemen Agama (Depag) Kalbar. 

“Saya sangat bersyukur sekali, kendati kami baru 1 tahun (berdiri), tapi telah banyak melakukan peningkatan pelayanan. Kami selalu terilhami dan terinspirasi oleh semboyan Pemkab, berlari lebih kencang dan berproses lebih cepat, sehingga terbukti kami bisa meningkatkan pelayanan dengan maksimal dan membantu Pemerintah Kubu Raya dalam melakukan pembinaan keagamaan kepada masyarakat,” kata Ramli seusai mengikuti kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-66 Kementerian Agama, Selasa (3/12).

Menurut dia, berdasarkan arahan dan edaran Kementerian Agama (Kemenag) RI, yang menjadi harapan melalui Peringatan HAB ke-66, agar seluruh jajaran Kemenag memperoleh tambahan energi positif dan semangat baru, dalam meningkatkan peran aktifnya. “Dan juga ke depannya mampu memberikan kontribusi nyata, dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesia taat beragama, rukun, cerdas, mandiri, dan sejahtera lahir batin,” katanya.

Ia menjelaskan peran aktif dan kontribusi dapat dilakukan dan diberikan melalui lima fokus program. Hal itu sejalan dengan misi Kemenag. Yang pertama adalah peningkatan kualitas kehidupan beragama. Kedua, peningkatan kualitas kerukunan umat beragama.

Ketiga, peningkatan kualitas pendidikan agama dan pendidikan keagamaan juga pendidikan di madrasah dan perguruan tinggi agama. ”Dan keempatnya adalah peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji, sekaligus peningkatan kualitas tata kelola kepemerintahan mewujudkan Kementerian Agama yang bersih dan berwibawa,” ucapnya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat memberikan arahan kepada pegawai di lingkungan Kemenag mengatakan bahwa jika mengacu ke istilah ‘amal bakti,’ maka ada sebuah totalitas lembaga kepada semua yang menjadi tanggung jawab lembaga dalam hal ini Kemenag. ”Dengan kehadiran Kemenag di KKR, telah mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat. Sebab, Kemenag juga merupakan bagian penting dalam upaya percepatan pelayanan ke masyarakat dan diharapkan menjadi bagian penting dalam menciptakan masyarakat berkarakter,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa Kemenag Kubu Raya sangat penting dalam membagun karakter bangsa, serta karakter masyarakat menuju kemandirian. Yang terpentingnya, ditambahkan dia, adalah bagaimana menjaga dan membina hubungan antar lembaga dan membangun kepercayaan. “Saling percaya adalah poin penting bagi kita membangun sinergisitas untuk membangun Kabupaten Kubu Raya dari segala sektor,” ujarnya. (den)

 Sumber : Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri