Monday, June 4, 2012

Bangun Ekonomi Rakyat Melalui Peternakan Dan Pertanian

Sungai Raya, Kalbar, 11/4 - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menjadikan bidang pertanian dan peternakan sebagai salah satu instrumen utama program pemerintah, mengingat sektor tersebut merupakan sektor andalan dan sangat efektif untuk terus dikembangkan dalam upaya membangun ekonomi masyarakat.

"Untuk memajukan bidang pertanian dan perikanan di Kabupaten Kubu Raya, KTNA merupakan organisasi pertanian dan perikanan yang memiliki peranan penting untuk membantu pemerintah mencapai sasaran utama pelaksana pertanian dan nelayan," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat membuka kegiatan paripurna KTNA di Sungai Raya, Rabu.

Menurutnya, organisasi tersebut dapat menjadi jembatan bagi pemerintah kepada pelaku pertanian, peternakan dan nelayan untuk membangun pemahaman bahwa menjadi petani dan nelayan sukses dan berhasdil. "Kita mengharapkan peran aktif KTNA membantu pemerintah untuk memberikan pemahaman yang baik kepada petani, peternak dan Nelayan Kubu Raya,untuk membangun harapan dan pemahaman positif akan profesi mereka sebagai petani, peternak dan nelayan sekalipun.


Jika mereka bisa berhasil dan sukses, mereka bisa memajukan ekonomi keluarganya, yang terpenting adalah bagaimana membuat masyarakat itu bangga menjadi petani, peternak dan nelayan, dengan demikian produktifitas masyarakat semakin baik dan gairah pertanian terus meningkat," tuturnya. Dia berpendapat, pertanian, peternakan dan Nelayan memang sangat dekat dengan kultur masyarakat Kubu Raya.

Untuk itu pemerintah selalu berupaya membuka peluang-peluang lebih besar dibidang tersebut, sebab sangat potensial mengembangkan bidang tersebut di Kubu Raya. Sehingga dengan demikian diyakini bahwa sektor pertanian mampu menjadi harapan kemajuan ekonomi masyarakat Kubu Raya.

Terlebih lagi saat ini Kubu Raya merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam agenda nasional dalam pengembangan tanaman pangan dan sebagai basis utama pertanian. Dirinya juga mengharapkan kepada KTNA untuk lebih cepat melahirkan penyuluh-penyuluh swadaya pertanian, perikanan dan peternakan.

"Kita harapkan dengan kehadiran KTNA ini, semakin banyak penyuluh swadaya yang profesional untuk mampu dan memberikan diri mentransformasi ilmu dan pengalaman mereka kepada petani lainnya. S,ebab jika petani sendiri yang memberikan pelatihan kepada sesama petani akan lebih efektif dan efisien, sebab mereka juga pelaku yang sudah berhasil," kata Muda.

Sementara itu Ketua Komisi B DPRD Kubu Raya Suprapto, jugamenyampaikan hal serupa. Dia menginginkan KTNA di Kubu Raya benar-benar berperan dan bersinergi dengan program-program pemerintah, sehingga organisasi tersebut bisa bermanfaat bagi pertanian, peternakan dan Nelayan Kubu Raya dalam mengembangkan usaha pertanian dan perikanan masyarakat sebagi salah satu sektor yang potensia.

"Seperti yang kita ketahui, latar belakang masyarakat Kubu Raya sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani. Untuk itu kita mengharapkan KTNA bisa menjadi organisasi yang memberikan manfaat dan andil besar baik kepada petani, nelayan dan pembangunan daerah," kata Suprapto.(ROx)

Sumber : Muda Mahendrawan Blogspot

0 comments:

Post a Comment