Anggaran Pembebasan Lahan Kubu Raya Rp.10 Milyar

Foto Muda Mahendrawan
Sungai Raya, Kalbar, 22/5 - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pihaknya telah menganggarkan biaya pembebasan lahan untuk kompleks perkantoran pemerintahan dan instansi vertikal pada APBD Kubu Raya 2011 sebesar Rp10 miliar lebih.

"Kita menyadari sebagai kabupaten baru Kubu Raya perlu segera membangun perkantoran pemerintahan dan instansi vertikal sesegera mungkin untuk memperlancar proses pelayanan kepada masyarakat. Namun pada APBD 2011 ini kita baru mampu menganggarkan Rp10 Miliar untuk pembebasan lahan," kata Muda di Sungai Raya, Minggu.

Menurutnya, untuk pembangunan perkantoran dari instansi vertikal anggarannya akan disediakan oleh masing-masing instansi tersebut. Sedangkan pemerintah Kubu Raya hanya membantu pembebasan lahan.  Dia mengatakan, alokasi anggaran itu merupakan komitmen pemerintah daerah untuk dalam pembangunan sejumlah kantor instansi vertikal yang akan dibangun di Kubu Raya.

"Sehingga nantinya instansi vertikal ini dapat bersinergi dengan pemerintah daerah serta SKPD lainnya," ujarnya. Muda menambahkan, keberadaan sejumlah instansi vertikal tersebut merupakan kebutuhan untuk pelayanan publik bagi masyarakat di Kabupaten Kubu Raya.


Sementara itu Kepala Perwakilan Kantor Pertanahan Kubu Raya, Kasten Situmorang mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah untuk pengadaan tanah bagi pembangunan kantor BPN di Kubu Raya.  "Sejak tiga tahun terbentuk Kubu Raya kita masih belum ada kantor tetap. Statusnya saat ini masih perwakilan. Tapi dengan adanya alokasi anggaran tersebut mudah-mudahan tahun depan sudah mulai dapat terbangun," ujarnya.

Disebutkannya, setelah tanah itu dihibahkan ke BPN, maka pihaknya akan mengusulkan anggaran ke pusat untuk pembangunan kantor BPN di Kubu Raya yang dananya bersumbernya dari APBN. "Kita usahakan pembangunan kantornya bisa punya nilai tambah. Mudah-mudahan luasnya bisa sampai 5 ribu meter persegi karena bisa juga nantinya untuk latihan pengukuran dan penyimpanan arsip," pungkas Kasten yang dimutasikan menjadi Kepala BPN Pemalang Jateng ini.(ROx)

1 comment:

  1. mohon info nya... lembaga teknis daerah dan instansi vertikal kabupaten kubu raya???

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Kubu Raya Mandiri